• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

SURVEY UNIBRAW: PROGRAM GUS IPUL-PUTI LEBIH MENARIK

May 15, 2018

 

Sby,MercuryFM - Laboratorium Kebijakan Publik dan Perencanaan Pembangunan (LKP3) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA-UB) Malang tidak hanya mengukur elektabilitas cagub Jatim, tetapi juga program kerja. Lewat survey yang mereka lakukan, Pasangan nomor urut dua, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno unggul atas Khofifah-Emil soal program kerja.

Dalam survei tersebut, LKP3 FIA-UB Malang menggunakan 9 sektor untuk mengukur program kerja para pasangan. Sembilan sektor yang dibedah itu adalah sektor ketahanan pangan, pariwisata, infrastruktur, sosial (kemiskinan), ketenagakerjaan (pengangguran), pendidikan menengah, sektor kesehatan, sektor investasi dan terakhir sektor ekspor.

Dari sembilan program kerja, pasangan Gus Ipul-Puti unggul di sektor ketahanan pangan, pariwisata, ketenagakerjaan (pengangguran), pendidikan menengah dan investasi. Sedangkan Khofifah unggul di sektor infrastruktur dan ekspor. Sedangkan sektor sosial dan kesehatan kedua pasangan imbang.

"Secara persepsional responden, program unggulan Gus Ipul-Puti lebih diterima dibandingkan program unggulan Khofifah-Emil," ujar Sekretaris LKP3 FIA UB Andy Kurniawan saat merilis hasil servernya pada Minggu 13/05/2018.

Untuk sektor ketahanan pangan, Gus Ipul-Puti unggul sebesar 46,85 persen dari Khofifah-Emil 42,58 persen. Untuk program pariwisata, Gus Ipul-Puti 46,13 persen, dan Khofifah-Emil 43,22.

Di sektor pendidikan 47,94 persen untuk Gus Ipul-Puti sedangkan Khofifah-Emil memperoleh 41,29 persen. Di sektor tenaga kerja, Gus Ipul kembali unggul dengan 46,49 persen sedangkan Khofifah 42,87 persen. Lalu di sektor investasi, lagi-lagi Gus Ipul juga unggul dengan 47,16 persen sedangkan Khofifah 42,51 persen.

Pasangan Khofifah-Emil unggul di sektor infrastruktur sebesar 45,37 persen sedangkan Gus Ipul 44,08. Dan di sektor ekspor pasangan Khofifah memang 47,37 persen dan Gus Ipul 42,04 persen

"Sementara untuk program sosial dan kesehatan keduanya seimbang. Untuk Sosial, Khofifah dan Gus Ipul sama-sama memperoleh 44,5 persen. Sedangkan di program kesehatan keduanya memperoleh 44,7 persen," terang Andy.

Survei melibatkan 835 responden yang tersebar di 38 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur dengan margin of error 3,46 persen dan tingkat kepercayaannya 96.45 persen. Survei dilakukan dengan wawancara langsung dalam rentang waktu 23-30 April 2018. Penentuan sample dengan metode multistage random sampling yang proporsional di masing-masing Kabupaten dan Kota.

Andy mengatakan kalau hasil survey ini tidak ada kaitan dengan afiliasi pasangan calon atau kekuatan politik tertentu.

"Kalau survey itu mengarah kesalah satu paslon ya itu hasilnya. Kampus tidak bisa ikut arus politik. Sudah jelas larangannya kampus apalagi kampus negeri tidak boleh ikut politik praktis" tegas Andy.(Alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload