• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

LESTARIKAN BUDAYA LELUHUR, GUBUG WAYANG SIMPAN RIBUAN KOLEKSI

May 22, 2018

 

SURABAYA, MercuryFM - Generasi muda jaman now ternyata masih ada yang menguri-uri budaya leluhur. Salah seorang diantaranya adalah Cintya Handi dari Universitas Surabaya (Ubaya), dengan mengelolah museum Gubug Wayang. Kecintaaan terhadap sejarah seni dan budaya Indonesia memberikan semangat bagi Cintya untuk ikut menjaga dan melestarikannya.

Museum Gubug Wayang sendiri didirikan oleh Yensen Project Indonesia pada 15 Agustus 2015 ini sebagai wujud rasa peduli terhadap seni dan budaya Indonesia yang beraneka ragam. Saat itu Yensen yang memiliki nama lengkap Sanjoyo Nyoto merasa concern dan miris dengan kondisi generasi muda saat itu yang terkesan mengabaikan keberadaan budaya leluhurnya. Dalam hal ini adalah wayang yang memiliki sarat makna kehidupan manusia.

 

 
"Awal pendiriannya sendiri berupa sanggar hingga kemudian menjadi museum itu sendiri. Saat dalam bentuk sanggar, masih berupa aktivitas saja dan koleksi-koleksi wayang masih dari pribadi. Namun seiring waktu koleksi menjadi semakin bertambah yang tidak hanya dari pribadi tapi juga berasal dari sumbangan budayawan-budayawan yang banyak ditemui Jensen ", terang Cyntia kepada 96 FM Mercury, Selasa (22/05/18).

Koleksi yang ada meliputi wayang dari berbagai daerah di Indonesia, pusaka asli Indonesia, alat musik tradisional, mainan anak – anak, topeng dan lain lainnya. Wisata edukasi seni dan budaya menjadi tujuan berdirinya museum Gubug Wayang, agar masyarakat lebih mengenal dan merasa memiliki seni dan budaya yang sudah diwariskan secara turun temurun.

 

 


Tujuan utama dari dibukanya museum Gubug Wayang ini, menurut Cintya, memang menyasar generasi muda untuk lebih mencintai budaya negeri. Museum yang berada di Jl RA Kartini No 23 Kauman Prajurit Kulon Mojokerto Jawa Timur ini memiliki tiga lantai.

"Percuma saja museum didirikan tapi tidak diminati para generasi muda. Harapannya generasi muda ini mampu dan mau melestarikan budaya bangsa melalui wayang ini ", jelas Cyntia. (mer)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive