• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

MUDIK LEBARAN, PLN JAMIN JAWA TIMUR AMAN PEMADAMAN

June 6, 2018


SURABAYA, MercuryFM - Selama mudik Lebaran atau momen Idul FItri 1439, PT PLN Persero menjamin pasokan kawasan Jawa Timur aman. PT PLN Distribusi Jatim secara nonstop mensiagakan 16 area pelayanan dan 113 rayon, mulai ujung timur Banyuwangi hingga ujung Barat Bojonegoro, Ponorogo dan sebagainya. Kapasitas produksi Jawa Timur sendiri setiap bulanya mencapai 8800 MW dengan beban pemakaian di Jatim hanya 5600 MW. Disini terdapat surplus 3300 MW. Kelebihan supply ini kemudian dikirimkan ke Jawa Tengah sebesar 1700 MW dan ke Bali sebesar 260 MW. Sehingga total masih ada sisa surplus 1200 MW.

"Itu dari sisi hulu, sehingga tidak mungkin ada pemadaman mendadak. Namun bisa saja ada jika dilihat dari sisi hilir. Ini karena faktor insidentil pada saat itu. Misal ada penebangan pohon yang tidak sengaja mengenai trafo. Lalu kecelakaan mendadak misal truk menabrak tiang listrik. Penggalian oleh eskavator yang mengenai jaringan listrik di bawah tanah. Benang layang-layang atau binatang yang masuk dalam tempat trafo dan sebagainya", jelas Alexander Zakaria Aitonam SPV Transaksi Energi PT PLN Distribusi Jatim, Rabu (06/06) kepada 96 FM Mercury Surabaya.

Sementara untuk tips mudik aman, saat rumah ditinggal pulang kampung, ada beberapa tips yang disampaikan menurut Anang Taufiqi Analyst Pelayanan Prioritas PT PLN Distribusi Jatim. Yang pertama, bagi pelanggan listrik pasca bayar adalah mematikan aliran listrik yang dianggap tidak perlu dan mencabut semua peralatan listrik yang tidak dipakai dari stop kontak. Upaya pencabutan stop kontak tersebut untuk menghindari bahaya kebakaran akibat listrik dan tagihan listrik yang membengkak.

Jika pelanggan PLN memutuskan untuk membiarkan lampu depan atau lampu lain tetap menyala, pastikan kondisi lampu depan dalam keadaan baik. Bisa lebih baik lagi, apabila memasang lampu dengan sensor cahaya yang hanya menyala jika malam menjelang. Selain itu, sebelum meninggalkan rumah untuk merayakan hari Raya ldul Fitri di kampung halaman‎, pelanggan listrik juga sebaiknya membayar rekening listrik sebelum tanggal 20 agar terhindar dari sanksi denda ataupun pemutusan.

Sedangkan untuk pelanggan yang pra bayar, sebaiknya cek token listrik pintar di rumah, apakah sudah cukup ditinggalkan selama mudik, jika belum segera mengisinya di tempat-tempat pembelian token terdekat. "Pastikan beli token, sehingga nanti saat sampai rumah kembali, listrik tidak padam," terang Anang di studio 96 FM Mercury, Jl Citandui No 14 Surabaya.

Anang menambahkan, pastikan sebelum meninggalkan rumah, seluruh pintu, jendela sudah dalam keadaan terkunci. Jangan lupa pamit dengan tetangga untuk silaturahmi dulu sekedar titip rumah. (liz)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags