DINKES JATIM TAMBAH POS KESEHATAN DIJALUR MUDIK

June 8, 2018

 

Sby,MercuryFM - Dinas Kesehatan Propinsi Jatim menambah Pos Kesehatan dari 145 unit ditahun 2017 menjadi 243 pos kesehatan di tahun 2018 disepanjang jalur mudik Lebaran. Selain itu disiagakan pula 159 rumah sakit ditambah 38 klinik. Tidak ketinggalan disiagakan juga 835 Puskesmas 835. Dengan begitu jumlah fasilitas kesehatan berbagai tingkat yang disiagakan Dinkes Jatim selama mudik Lebaran berjumlah 1275 unit.

 

"Pos kesehatan yang disiagakan ini hanya untuk pelayanan faskes kelas pertama, kalau pasien perlu rujukan sudah disiagakan klinik sampai rumah sakit terdekat" kata Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jatim dr. Kohar Hari Santoso.

 

Fokus perhatian Dinkes Jatim di masa mudik Lebaran kali ini adalah menekan terjadinya kecelakaan lalu-lintas.

 

"Ditahun 2017 ada 656 kejadian kecelakaan lalu-lintas, dengan korban meninggal dunia 38 jiwa, luka ringan 827 jiwa sedangakan yang menjalani rawat inap sebanyak 278 pasien," lanjut Kohar.

 

Kecelakaan itu didominasi kendaraan bermotor dan justru kerap terjadi tidak dijlan tol melainkan di jalan arteri.

 

Dinkes Jatim juga mengintensifkan pemeriksaan terhadap pengemudi bus, berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan dinas perhubungan. 

 

"Pengemudi yang tidak sehat kita istirahatkan dulu" ujar Kohar.

 

Masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan call centre 119 untuk keadaaan darurat untuk berkoneksi dengan nasional service centre. Ambulans dan rumah sakit terdekat juga sudah disiapkan untuk mendukung kondisi emergency.

 

"Masyarakat yang mudik disarankan untuk membawa bekal yang cukup, membawa obat-obatan terutama kalau menderita penyakit khusus, beristirahat cukup dan selalu menjaga emosi" pungkas Kohar Harisantoso.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive