• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

KEJATI JATIM PUNYA PASUKAN KHUSUS TANGANI KORUPSI

June 26, 2018

 

Sby, MercuryFM - Kejaksaan Tinggi Jawa Timur melantik 10 jaksa yang tergabung dalam Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Penanganan Penyelesaian Perkara Tindak Pidana Khusus (P3TPK) Kejati Jatim.

 

Pelantikan itu dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, Sunarta yang disaksikan oleh para pejabat tinggi Kejati Jatim.

 

Sunarta mengatakan kalau pelatikan ini menindak lanjuti Surat keputusan (SK) Kejaksaan Agung, sebagai komitment Kejati Jatim untuk menangani tindak pidana korupsi.

 

"Satgassus ini merupakan pasukan tempur memerangi pidana korupsi yang semuanya dibawah kendali Kajati" ujar Sunarta.

 

Sunarta mengatakan kalau tugas Satgassus P3TPK sama dengan satuan pemberantas korupsi lainnya. Yang membedakan adalah satuan ini langsung diawasi oleh Kejaksaan Agung.

 

"Setiap minggu kia akan memberikan laporan ke pusat terkait dengan apa saja yang sudah dilakukan oleh Satgassus P3TPK" lanjut Sunarta.

 

Setiap hari Satgassus akan mempelajari setiap laporan dugaan korupsi dari masyarakat. Kalau laporan ini memenuhi unsur tindakan korupsi maka dikeluarkan surat perintah penyelidikan. Personel Satgassus P3TPK bisa ditempatkan di daerah yang kekurangan tenaga untuk menangani pidana korupsi.

 

Penanganan perkara korupsi oleh Kejati Jatim dilakukan cara preventif dan represif. Tindakan preventif diantaranya dengan melakukan penyuluhan mencegah terjadinya korupsi. 

 

"Misalnya mengawasi sebuah proyek agar tidak ada penyimpangan, kalaupun, dilakukan perbaikan agar kesalahan itu tidak berlanjut. Tapi kalau tindakan preventif tidak berhasil maka dilakukan penindakan" tegas Sunarta.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload