KUNJUNGAN WISATA KE JATIM TAK BERGAIRAH

July 3, 2018

 

Sby,MercuryFM - Kunjungan wisata di Jatim kurang bergairah dengan ditandai menurunnya kunjungan wisatawan melalui pintu masuk Bandara Juanda. Badan Pusat Statistis Jatim mencatat pada bulan Mei  kunjungan wisatawan menurun dibandingkan bulan April 2018.

 

“Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang datang ke Jawa Timur, melalui Bandara Juanda pada bulan Mei 2018 turun sebesar 7,15 persen dibandingkan bulan April,” jelas Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Teguh Pramono.

 

Yakni dari sebanyak 26.309 kunjungan pada bulan April menjadi hanya sebanyak 24.429 kunjungan di bulan Mei 2018. Namun, bila dibandingkan bulan yang sama dengan tahun 2017 lalu, kunjungan Wisman mengalami kenaikan sebesar 19,47 persen.

 

Wisman dari Malaysia turun drastis sebesar 45,17 persen menjadi 3.313 kunjungan. Kemudian Singapura turun sedikit, sebesar 5,37 persen menjadi sebesar 1.991 kunjungan. Untuk Wisman dari Tiongkok, juga turun menjadi 15,32 persen menjadi 1.216 kunjungan.

 

“Meski begitu Wisatawan dari Malaysia, Sigapura dan Tiongkok tetap mendominasi kunjungan wisatawan dari manca negara" Ujar Satriyo Wibowo Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Jatim menambahkan.

 

Saat di Jawa Timur, para Wisman cenderung lebih singkat menginap. hal ini berkonstribusi pada tingkat hunian di sejumlah hotel yang ada.

 

Rata-rata mereka menginap tidak sampai tiga hari, secara statistik cuma 2.38 hari atau turun 0,33 persen dibandingkan bulan April

 

Pemerintah diminta supaya memperhatikan sektor ini agar kunjungan Wisman akan meningkat di masa yang akan datang.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group