• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

TIPIS PELUANG GUS IPUL-PUTI AJUKAN GUGATAN

July 9, 2018

 

Sby, MercuryFM - Rekapitulasi penghitungan suara Pilgub Jatim oleh KPU Jatim menetapkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim Khofifah-Emil sebagai peraih suara terbanyak dengan 10.465.014 suara atau 53,55 persen. Sedangkan pasangan calon Gus Ipul-Puti sebanyak 9.076.014 suara atau 46,45 persen.

 

Pasca rekapitulasi, KPU Jatim belum bisa segera menetapkan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, karena masih menunggu waktu adanya kemungkinan pengajuan gugatan Perselisihan Hasil Pilkada (PHP). Paslon diberikan waktu 3 hari setelah penetapan untuk mengajukan gugatan.

 

"Tanggal 23 Juli nanti Mahkamah Konstitusi akan meregister semua pengajuan gugatan PHP dari tiap daerah. Kalau Jatim tidak ada maka sehari kemudian bisa dilakukan penetapan" kata Komisioner KPU Jatim Arbayanto.

 

Arbayanto menambahkan belajar dari pilkada sebelumnya, kalau misalnya ada gugatan maka dilakukan 3 tahapan sidang desmisal yang butuh sekitar 10 hari sampai 15 hari dimulai dari perkara diumumkan. Kalau masuk ke pokok perkara bisa lebih dari itu.

 

Syarat paslon mengajukan gugatan diantaranya adalah rentang selisih hasil perolehan suara. Kalau di Jatim prosentase selisih suara 0,5 persen, mengacu pada jumlah penduduk diatas 10 juta jiwa. 

 

"Dengan hasil rekapitulasi sekarang, Jatim tidak masuk dalam gugatan PHP karena lebih selisih lebih dari 0,5 persen" ujar Arbayanto.

 

Arbayanto menambahkan hasil rekapitulasi suara Pilgub Jatim 2018 sudah ditanda tangani oleh saksi masing-masing pasangan calon. (alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive