SEMUA PARPOL TELAH DAFTARKAN BACALEGNYA KE KPU JATIM

July 18, 2018

Sby, MercuryFM - Semua partai politik peserta pemilu 2019 telah mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur. Sampai penutupan pendaftaran, Selasa (17/07/2018), tidak ada satupun papol pederta pemilu ketinggalan falam pendaftaran bacalegnya.

 

Eko Sasmito Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, di sekertariat KPU Jatim, Rabu (18/07/2018)mengatakan, sampai hari terakhir pendaftaran pada Selasa (17/7) malam, semua Parpol sudah menyerahkan data awal. Dan KPU lakukan pemeriksaan berkas awal baru selesai pada Rabu (18/7) pukul 05.30, pagi tadi.

 

"Tadi yang terakhir sampai selesai penyerahan data awal Partai Bulan Bintang. Selanjutnya kami akan memverifikasi kelengkapan berkas Bacaleg," ujarnya.

 

Terkait kemungkinan ada Bacaleg yang pernah menjadi narapidana korupsi, pelaku kekerasan seksual terhadap anak, atau bandar narkoba, Ketua KPU mengaku belum mengetahuinya. Pihaknya berharap Parpol dapat berperan aktif dengan tidak mencalonkan orang dengan tiga kategori tersebut. 

 

"KPU sudah menyediakan formulir pernyataan atau pakta integritas yang ditandatangai Parpol, yang menjelaskan komitmen Parpol untuk tidak mendaftarkan orang yang pernah menjadi narapidana korupsi, pelaku kekerasan seksual terhadap anak, atau bandar narkoba," ujarnya.

 

Eko melanjutkan, setelah pendaftaran ini, KPU akan mengumumkan daftar sementara Bacaleg pada awal Agustus 2018. Masyarakat bisa memberikan masukan atau tanggapan. 

 

"Setelah kami verifikasi dan terbukti, kami akan segera mengambil tindakan," kata Eko.

 

Sementara itu dalam pendaftaran bacaleg, meski setiap Parpol dapat mendaftarkan maksimal 120 Bacaleg, sesuai jumlah kursi DPRD Jawa Timur. Namun, banyak Parpol yang hanya mendaftarkan belasan Bacaleg.

 

Dari data yang ada di KPU, semua Parpol memilih mendaftar pada hari terakhir selasa kemarin. Hanya partai Nasdem jatim yang mendaftar lebih awal yakni pada hari Senin (16/07/2018). (ari)

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive