• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

GAPERO SURABAYA MINTA PENANGGUHAN KENAIKAN TARIF CUKAI

July 19, 2018

 

 

SURABAYA, MercuryFM - Pemerintah berencana akan menerapkan kebijakan terkait kenaikan tarif cukai dan penyederhanaan layer bagi industri rokok kretek dan rokok putih pada tahun 2019. Menanggapi hal tersebut, Gabungan Pengusaha Rokok (Gapero) Surabaya mengaku belum siap dan meminta penangguhan terkait simplifikasi tarif cukai.

 

Simplifikasi tersebut nantinya akan menyamakan tarif cukai rokok sigaret kretek mesin (SKM) dan sigaret putih mesin (SPM) pada 2020, serta menghilangkan golongan I-B sigaret kretek tangan (SKT).

 

"Kalau kenaikan tarif dan penyederhanaan layer dilakukan, maka itu bisa terjadi kenaikan tarif ganda, baik kenaikan reguler tarif cukai maupun kenaikan atas dampak penghapusan layer," kata Ketua Gabungan Pengusaha Rokok (Gapero) Surabaya, Sulami Bahar di Surabaya, Kamis (19/7/2018).

Sulami menjelaskan penerapan simplifikasi yang mulanya 10 golongan menjadi 8 golongan yang terdiri atas SKM dan SPM tersebut tidak pada moment yang tepat. Sebab, melihat tahun 2019 merupakan tahun politik.

 

"Kami tidak menolak. Kami hanya meminta penangguhan sampai 2020 dan memberi kesempatan pada industri untuk menata diri lagi karena beberapa waktu lalu juga ada kenaikan tarif cukai yang lumayan tinggi," terangnya.

 

Belum lagi kondisi industri saat ini tengah mengalami penurunan hingga 7 persen per April 2018. Kendati begitu, kata Sulami, pemerintah dimohon memberikan kesempatan di tahun 2019 untuk melihat perkembangan pasar seperti apa.

 

"Baru tahun selanjutnya 2020, bolehlah kebijakan itu bisa diterapkan. Dari pihak induk organisasi asosiasi, GAPPRI juga minta kebijakan cukai tetap sama dengan yang sudah berjalan saat ini, artinya PMK 146 ini ditangangguhkan," jelasnya.

 

Pasalnya, PMK 146 tersebut dinilai hanya akan menguntungkan salah satu perusahaan saja yang menguasai pangsa pasar 30 persen, Padahal, sekitar 70 pangsa pasar dari anggota GAPPRI.(Dani)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow