• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Gapki lobi Pertamina untuk serap hasil panen kelapa sawit

July 21, 2018

Sby, MercuryFM - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) berusaha melobi Pertamina melalui pemerintah, agar bisa menyerap hasil panen kelapa sawit yang dalam tahun 2018 cukup tinggi, namun masih terkendala penjualan, khususnya di pasar ekspor. 


Sekjen GAPKI, Lakshmi Sidharta mengatakan kondisi panen tanaman sawit pada tahun 2018 sedang bagus, atau istilahnya mengalami "panen raya", namun kondisi pasar kurang mendukung.

"Suplai saat ini memang sedang banyak, namun kesulitan ekspor karena adanya diskriminasi dan kenaikan bea masuk minyak sawit mentah ke beberapa negara tujuan ekspor, ditambahkebijakan proteksionisme yang diambil negara tertentu," kata Lakshmi di Surabaya, Sabtu (21/7/2018).

Akibatnya, Lakshmi memaparkan  beberapa penjual masih menghentikan penjualannya karena adanya kebijakan yang kurang mendukung di beberapa negara tersebut.

"Sebenarnya kami bukan tidak mau menjual, namun karena persyaratannya nambah dan harganya jelek membuat untuk sementara tidak mau melepaskan barang, karena bisa rugi," tegasnya.

Di sisi lain, kata dia, saat ini kapasitas tangki CPO atau penyimpanan minyak kelapa sawit di Indonesia sudah penuh, sehingga sudah tidak mampu lagi menampung/menyimpan. 

"Kalau disimpan lama di tanki membuat kadar minyak menjadi jelek, khawatir kualitasnya akan jelek juga dan berdampak kepada petani," tuturnya.

Solusinya, kata dia, saat ini GAPKI melakukan pendekatan ke beberapa perusahaan untuk bisa menyerap kelapa sawit dalam bentuk biodesel, salah satunya adalah Pertamina.

"Lobi kini terus kami lakukan, dan bentuk kelapa sawit diubah menjadi biodesel melalui pemanasan, dan ini akan menaikkan harga jual," katanya.(Dani)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us