Tiga nama Bacaleg di KPU Jatim terancam di coret

July 24, 2018

 

Sby, MercuryFM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim temukan tiga Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang mendaftar terindikasi pernah melakukan pidana korupsi. 

 

Jika memang terbukti dan ada keputusan inkracht dari pengadilan, maka ketiga Bacaleg itu akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). 

 

"Sampai saat ini ada tiga nama Bacaleg tersebut seperti data awal kami terindikasi terlibat pidana korupsi.Tapi maaf kami baru bisa menyebutkan namti bila bwnar benar dibyatakan Tidak Memenuhi Syarat," kata komisioner KPU Jawa Timur Muhammad Arbayanto, Selasa (24/07/2018). 

 

Menurut Arbayanto, dengan temuan awal tersebut, KPU Jawa Timur akan melakukan konfirmasi ke tempat tinggal Bacaleg yang bersangkutan. Langkah itu dilakukan untuk mengumpulkan bukti, sebelum memutuskan kandidat TMS. 

 

"Kita bersama mengetahui ada beberapa nama di masa lalu diberitakan melakukan pidana korupsi maka itu menjadi bukti awal untuk diklarifikasi. Sejauh ini masih ada tiga nama," ujarnya.

 

Arbayanto mengatakan, ada tiga kategori pelanggaran pidana yang bisa dijadikan rujukan untuk mencoret Bacaleg. Ketiganya adalah kasus korupsi, pidana seksual terhadap anak dan kasus penyalahgunaan narkoba. 

 

"Sebenarnya bukan hanya korupsi. Tetapi pidana asusila terhadap anak dan pidana narkoba. Kami menuntutnya di dalam surat keterangan di formulir BB1 yang menyatakan tidak pernah terlibat pidana dengan ancaman hukuman diatas lima tahun," tambahnya. 

 

Arbayanto menjelaskan, jika memang ditemukan bukti, maka KPU Jatim akan memberikan kesempatan bagi parpol untuk mengganti Bacaleg sebelum tanggal 31 Juli 2018 mendatang. 

 

"Hasil klarifikasi itu dijadikan landasan untuk tidak meloloskan Bacaleg. Kami memberikan kesempatan kepada parpol untuk mengganti Bacaleg sampai dalam masa perbaikan sampai tanggal 31 mendatang," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group