• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

OJK KR 4 Jatim himbau pegadaian swasta untuk segera legal kan perizinannya

July 26, 2018

 

 

 

 

Sby, MercuryFM - Saat ini banyak sekali pegadaian ilegal yang muncul di masyarakat, untuk itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 4 Jawa Timur mengimbau kepada pelaku usaha pegadaian ilegal untuk segera mendaftarkan perizinan menjadi pegadaian yang legal.

 

Ini sesuai Peraturan OJK (POJK) 31/2016 tentang usaha pergadaian di mana bagi pelaku usaha pegadaian yang tidak terdaftar atau belum memiliki izin usaha, akan dilakukan tindakan penertiban melalui otoritas penegak hukum.

 

Deputi Direktur OJK Regional 4, Kuswandono mengatakan, POJK tersebut menjadi acuan bagi pergadaian swasta supaya bisa meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Sekaligus menciptakan usaha pegadaian yang sehat dan bisa memberikan perlindungan bagi konsumen.

 

"Pergadaian ini menjadi akses masyarakat yang tidak bisa menggunakan akses perbankan. Sebagian masyarakat saat ada kebutuhan mendesak menggunakan gadai. Nah, kalau ilegal, ini bisa merugikan masyarakat. Inilah yang kita harus perhatikan," kata Kuswandono di Surabaya, Kamis (26/7/2018).

 

Kuswandono menjelaskan pihaknya berharap dengan adanya POJK pelayanan tersebut, gadai bukan hanya di PT Pegadaian saja, akan tetapi, swasta juga bisa berkiprah masuk ke ranah pergadaian. Dalam catatan OJK di wilayah Jawa Timur saat ini, terdapat 14 pegadaian swasta dan 10 di antaranya sudah berizin.

 

Ditambahakan Kuswandono pihak OJK bersama Satgas Waspada akan gencar melakukan sosialisasi kepada pegadaian yang belum terdaftar. "Tujuannya, supaya mereka segera mengajukan izin dalam memberikan layanan gadai pada masyarakat," katanya.

 

Adapun batas waktu maksimal pengajuan permohonan pendaftaran bagi gadai swasta ditetapkan hingga 29 Juli 2018.

 

Pendaftaran hanya dapat dilakukan oleh pelaku usaha pergadaian yang telah melakukan kegiatan usaha pergadaian sebelum Peraturan OJK Nomor 31/POJK.05/2016 tentang Usaha Pergadaian diterbitkan.

"Kalau sudah berizin ini manfaatnya bagi pegadaian bisa meningkatkan kepercayaan konsumen, terhindar dari permasalahan perizinan atau legalitas, memperoleh pembinaan dari OJK, dan memudahkan dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain," pungkasnya.(Dani)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload