• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Gili Ketapang primadona baru snorkeling di Jatim

July 27, 2018

 

 

Banyuwangi, MercuryFM - Mengunjungi Probolinggo rasanya kurang lengkap bila tak mampir ke Pulau Gili Ketapang. Pulau seluas 68 hektar dan dihuni 9 ribu jiwa ini, memiliki wisata pantai yang indah dan eksotik. Pesona pantainya tidak kalah dari pulau-pulau lain di Indonesia.

 

Keindahan pantai Gili Ketapang sudah terlihat sejak menginjakkan kaki di tepi pantai. Desiran ombak kecil di pinggir pantai yang berpasir putih menambah indah pesona alamnya.

 

Cuaca panas tak membuat wisatawan lokal dan asing merasa gerah. Mereka betah berlama-lama berada di pantai. Ada yang sekedar duduk ditepi pantai  ataupun bermain voli pantai.

 

Tak puas bermain air dengan pasir putihnya, wisatawan bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam dari barat (sunset). Sambil menunggu sunset, wisatawan bisa snorkeling (selam permukaan) yang mendebarkan hati.

 

“Pada hari biasa, tidak banyak wisawatan berkunjung kesini. Jumlahnya ratusan orang. Tapi, kalau hari libur (Sabtu dan Minggu), ribuan orang memenuhi pantai ini,” kata Munir, salah satu pengelola wisata Gili Ketapang Rabu (25/7/2018).

 

Snorkeling menjadi hiburan andalan pulau Gili Ketapang. Sebab, tarifnya cukup terjangkau. Hanya mengeluarkan uang Rp 90 ribu, wisatawan bisa menikmati paket snorkeling sepuas-puasnya.

 

Selain menyelam permukaan laut, wisatawan mendapat bonus makan siang dengan menu ikan bakar plus air mineral.

 

Di pinggir pantai terdapat puluhan warung yang dikelola oleh 12 orang. Mereka adalah warga asli pulau Gili Ketapang.

 

“Mungkin ini tarif termurah di Jatim, bahkan Indonesia,” ucapnya.

 

 

 

Di atas permukaan laut, wisatawan tak perlu takut tenggelam. Sejumlah pemandu dan penyelam terlatih siap memandu. Ditambah peralatan selam yang cukup memadai, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan dalam laut.

 

Batu karang dan ribuan ikan berwarna-warni terlihat sangat jelas saat menyelam.

 

“Ayo yang belum foto dalam air, saya bantu. Tidak perlu takut tenggelam,” kata seorang penyelam mengajak rombongan Humas PT KAI Daops VIII dan wartawan yang sedang bersnokeling.

 

Fenomena alam lain dari pantai Gili Ketapang, yaitu bibir pantai yang memanjang. Percaya atau tidak, dalam cuaca tertentu, pantai Gili Ketapang yang memanjang itu bisa berpindah posisinya. Kadang lurus ke arah barat, lalu bergeser ke arah kanan atau kiri.

 

Pergeseran pantai memanjang Gili Ketapang, dibenarkan Munir. Jika angin berhembus kencang ke arah utara, maka pantai yang memanjang itu berpindah tempat.

 

“Kapan lalu lurus ke arah barat, sekarang bergeser ke barat daya. Jadi, pergeseran itu terjadi karena mengikuti arah angin,” ujarnya.

 

Lokasi pantai Gili Ketapang, berjarak sekitar 8 km dari pantai utara Probolinggo. Hanya butuh 30 menit saja menyebrang dari pelabuhan Ujung Tembaga menggunakan perahu motor. Biaya penyeberangan relatif murah Rp 10 ribu.

 

Di atas perahu motor, terlihat pemandangan laut yang luas dan indah. Wisawatan akan disuguhi sensasi perahu terombang-ambing jika ada ombak kecil. Seru dan menyenangkan.

 

“Menyenangkan sekali. Mudah-mudahan teman-teman wartawan terkesan dengan kunjungan wisata ini. Karena sebenarnya kegiatan ini sebagai ajang silaturahim dan mempererat hubungan wartawan dengan karyawan PT KAI Daop 8,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko. (alam)

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive