Melambungnya harga ayam, diduga satu pemicunya, kenaikan harga pakan

July 27, 2018

 

Sby,MercuryFM - Kepala Kantor Perwakilan Daerah(KPD) Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Surabaya, Dendy Rakhmad Sutrisno kepada Fokus 96 Mercury mengatakan, melambungnya harga ayam beberapa waktu terakhir, memang menjadi keluhan banyak masyarakat kita. "Trending di KKPU sendiri, adalah naiknya harga telur dan ayam broiler. Untuk harga telur, bisa dibilang sudah menunjukkan trend menurun," terang Dendy. Ia menjelaskan, harga daging ayam, meski pun sedikit, ada kecenderungan untuk turun. Per Jumat(27/07/18) ini di Jatim, Data dari PERBAKO, harga ayam potong rata-rata Rp 39.551,00. Sedangkan harga tertinggi ayam ada di Probolinggo Rp 45.000,00, terendah ada di Trenggalek & Tuban Rp 35.000,00.

Lebih lanjut, Kepala KPD KPPU Surabaya ini menjelaskan, harga ayam yang melambung ini, lebih dikarenakan ada beberapa hal, yang diduga punya pengaruh pada tingginya harga daging ayam potong. Pertama, turunnya produktifitas dari ayam itu sendiri, karena dikaitkan dengan pembatasan antibiotik untuk peternakan ayam, dan juga faktor cuaca, yang oleh beberapa pihak, menurut Dendy, dianggap berpengaruh kepada produktifitas ayam. Ketiga, adanya keluhan dilapangan terkait kenaikan harga pakan, karena komposisinya ada beberapa material  pakan yang harus didatangkan dari import. Sedangkan saat ini, kata Dendy, posisi Rupiah sedang melemah terhadap Dolar. Sehingga oleh sebagian pihak, hal ini dianggap turut berpengaruh.    

Meski demikian, Dendy mengatakan, semua hal itu harus lebih dulu diteliti dengan cermat, karena pihaknya juga tidak mau berandai-andai. "Perlu data-data yang akurat. Misalnya, berapa persen pengaruh dari pembatasan antibiotik ini pada produktivitas?? berapa persen pengaruh aktifitas perdagangan antar provinsi terhadap ketersediaan pasokan barang di Jatim??" terang Dendy  

Karena seperti diketahui, Denndy menjelaskan, Jatim adalah Lumbung Pangan Nasioanl, sehingga harusnya kalau dilakukan croscek ke beberapa pihak, harusnya stok pangan, seperti ayam ini aman. Sejauh ini, terang Dendy, pihaknya KKPU masih melakukan pantauan dilapangan, apakah benar ada upaya dari pihak-pihak tertentu yang mencoba  untuk melakukan penahanan pasokan. Kalaupun nantinya, kata Dendy ditemukan adanya upaya penahanan pasokan, maka akan dilakukan tindakan hukum yang tegas, baik itu dari KPPU, maupun dari Tim Satgas Pangan Polda Jatim. (Nila)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group