• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Pertamina Terjunkan 120 Personil dan 3 unit Tug Boat di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

July 27, 2018

 

 

Surabaya, MercuryFM - Pertamina ikut serta dalam acara National Marine Pollution Exercise (Marpolex) 2018 yang diselanggarakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 25 – 26 Juli 2018 dan bertempat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

 

Marpolex 2018 merupakan acara latihan dan simulasi penanggulangan tumpahan minyak yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kesiapan dan kesiagaan serta kemampuan dari para pengguna maupun pengelola dermaga dalam kegiatan penanggulangan tumpahan minyak apabila terjadi hal tersebut. 

 

 

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V Jatimbalinus, Rifky Rakhman Yusuf menjelaskan bahwa partisipasi Pertamina dalam kegiatan National Marpolex 2018 merupakan wujud kepedulian Pertamina dan kesiapsiagaan baik personel, peralatan dan fasilitas pendukung dalam kegiatan penanggulangan tumpahan minyak. 

 

"Tim Pertamina pada kegiatan ini mengerahkan 120 personel dan 3 unit Tug Boat, yaitu TB Transko Jalak, TB Transko Bangau, dan TB Bhayangkara. Serta peralatan Lindung Lingkungan Perairan (LLP) yang terdiri dari oil boom sepanjang 200 meter, 1 unit oil skimmer, dan 1 unit oil dispersant pump," kata Rifky Rakhman Yusuf, Jumat (27/7/2018)

 

 

 

Berdasarkan tingkat penyebaran tumpahan minyak terbagi menjadi 3 (tiga) tingkatan yaitu: Tier 1 (area dermaga milik), Tier 2 (area kolam pelabuhan) dan Tier 3 (area laut). Pertamina sebagai salah satu pengguna sekaligus pemilik dermaga ikut berpartisipasi dalam kegiatan National Marpolex 2018 pada tingkatan Tier 2 yang berada di depan Terminal Penumpang Jamrud, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Selain Pertamina, peserta yang ikut berpartisipasi terdiri dari Pelindo III Surabaya, KPLP, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan  Utama Surabaya, Basarnas, TNI Angkatan Laut, dan beberapa instansi maupun perusahan yang menjadi pengguna di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak.

 

 

Rifky juga menambahkan bahwa latihan bersama ini sejalan dengan Peraturan Presiden RI Nomor 109 Tahun 2006 tentang Penanggulangan Keadaan Darurat Tumpahan Minyak di laut serta dapat meningkatkan koordinasi yang efektif  diantara Pertamina dan instansi terkait dalam penanggulangan tumpahan minyak atau kebakaran diwilayah perairan.(Dani)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive