• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Cetak jarak jauh bisa jadi solusi kendala distribusi surat suara

July 30, 2018

 

Sby, MercuryFM - Berbagai persoalan distribusi surat suara menjadi sorotan para jurnalis saat mengikuti bimbingan teknis pasca pelaksanaan Pilgub Jatim yang digelar KPU Propinsi Jawa Timur.

 

Persoalan distribusi surat suara itu diantaranya surat suara kurang, surat suara rusak, jarak pengiriman yang jauh dan surat suara yang tercampur dengan daerah lain. Untuk mengatasi kendala itu para jurnalis mengusulkan cetak jarak jauh seperti yang dilakukan media cetak (koran).

 

"Pemenang lelang harus memiliki cabang atau setidaknya rekanan percetakan ditiap kabupaten dan kota." Kata Iik jurnalis dari media on line nasional.

 

Dengan begitu maka biaya pengiriman bisa direduksi, selain itu resiko keterlambatan distribusi surat suara dan surat suara yang tercampur juga bisa diminimalisir.

 

KPU juga diminta agar transparant dalam persoalan surat suara. Misalnya mengumumkan siapa pemenang lelang cetak surat suara, sehingga publik bisa mengetahui dan mengawasi kapabilitasnya. 

 

"Bila perlu media massa diajak meninjau langsung, agar bisa memastikan perusahaan pemenang lelang itu punya kapabilitas" tambah Wanto jurnalis surat kabar lokal.

 

Soal surat suara  rusak KPU juga diminta transparant. 

 

"Berapa yang rusak dan berlebih, kemudian pemusnahannya harus diketahui publik" ujar Wanto lagi.

 

Sementara itu Komisioner KPU Jatim divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, kalau masukkan dari media penting, karena masyarakat justru mengeluhkan persoalan pilkada kemarin ke media, bulan ke KPU atau Bawaslu.

 

"Nantinya masukan yang logis kami akan tindak lanjuti dengan mengkaji untuk pelaksanaan Pemilu 2019 dan Pilkada yang akan datang" pungkas Gogot. (alam)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive