Komisi V DPR RI minta Kemenhub segera selesaikan status terminal Joyoboyo

July 30, 2018

Sby,MercuryFM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta dan mendorong ke kementerian perhubungan agar segera menyelesaikan status terminal Joyoboyo antara pemerintah kota Surabaya dan pemerintah Propinsi Jatim terkait pengelolahan.

 

"Sesuai undang-undang No. 23 Tahun 2014 sudah di amanatkan bahwa terminal tipe A yang semula di kelola oleh pemprov harus diserahkan ke pemerintah pusat, sedangkan terminal tipe B yang semula dikelola oleh pemerintah kota atau kabupaten harus dilimpahkan ke pemprov," ujar Bambang Haryo anggota Komisi V DPR RI Usai sidak di terminal Joyoboyo Surabaya, Senin, (30/07/2018).

 

Menurut Bambang Haryo status terminal Joyoboyo harus segera diselesaikan mengingat saat ini ada polemik perebutan pengelolahan antar pemerintah propinsi dengan pemerintah kota Surabaya.

 

"Pasalnya saat ini belum ada titik pertemuan antara pihak pemkot dan pemprov untuk terminal Joyoboyo. Pihak pemkot ingin mengembangkan terminal Joyoboyo menjadi tipe C yang dikelola pemkot, maka pihak pemkot harus menyediakan pengganti lahan setara dengan tipe terminal Joyoboyo yaitu tipe B. Kemudian pemkot memberikan gantinya yaitu terminal Osowilangun, namun ditolak pemprov," jelasnya.

 

Lanjut Bambang, pemprov menolak diganti terminal Osowilangun pasalnya jauh dengan perkotaan, seharusnya terminal tipe B harus terjangkau atau dekat dengan perkotaan. 

 

"Untuk saat ini statusnya masih berada belum jelas, maka seharusnya kementerian perhubungan harus turun tangan agar segera menyelesaikan status ini, sehingga perkembangan terminal Joyoboyo bisa tertata dengan baik,"ujarnya.

 

Ia menyampaikan, terminal Joyoboyo ini merupakan terminal yang terintegritas antara kereta api, bus, dan angkutan umum ini harus tetap terjaga kondisinya mulai zaman Belanda hingga sekarang. 

 

"Saya berharap terminal Joyoboyo tetap menjadi sentra utama integritas terminal di Surabaya, oleh karena itu pemerintah baik provinsi, pemkot untuk segera menyelesaikan masalah tersebut,"papar Bambang Haryo politisi asal Fraksi Gerindra Jatim. (ari)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group