Dewan soroti program SMS dan PTSL

August 1, 2018

Sby, MercuryFM - Anggota Komisi A (hukum dan pemerintahan) DPRD Surabaya, berencana menggelar audiensi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) I di Sambikerep dan BPN II di Krembangan, pada Senin depan (6/8).

 

Ketua Komisi A Herlina Harsono Njoto menuturkan, pertemuan itu digelar setelah komisinya menerima banyak keluhan dari warga terkait program sertifikasi tanah baik Sertifikasi Massal Swadaya (SMS) maupun Pendaftaran Tanah Sistemik Lengkap (PTSL) di Surabaya.

 

"Kedua program tersebut banyak yang belum jalan," ujar Herlina Harsono Njoto, Rabu (1/8/2018).

 

Dari laporan yang diterimanya, ada warga yang sudah mengajukan permohonan sertifikasi selama 2 tahun tapi belum diproses. Ironisnya, warga sebelumnya sudah ditarik biaya pengukuran dan pajak.

 

"Sebetulnya kita sudah mengundang BPN beberapa kali, tapi Kepala BPN tidak pernah datang," jelasnya.

 

Politisi dari Partai Demokrat ini mengaku membutuhkan data konkrit soal program tersebut. Mulai dari warga yang mengajukan hingga sertifikat yang sudah dikeluarkan oleh BPN.

 

"Kita tidak punya data itu. Makanya kita akan datang ke kantor BPN," imbuh Herlina.

 

Herlina lantas mencontohkan pengajuan program sertifikasi pada tahun 2016. Dimana hingga saat ini masih belum keluar. Anehnya untuk pengajuan pada 2017 justru sudah jadi lebih dulu.

 

Padahal, sesuai sosialisasi ke masyarakat, proses sertifikasi hanya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. "Janjinya dalam edaran yang disampaikan ke masyarakat kan hanya 3 bulan," sesalnya.

 

Oleh karena itu, melalui audiensi pada hari Senin pihaknya berharap mampu mendorong percepatan sertifikasi. Karena, ternyata masih banyak warga yang belum menerima sertifikat.

 

"Kabarnya sudah ada (sertifikat) yang dibagikan. Tapi, banyak warga yang mengeluhkan berlarut-larutnya persoalan sertifikasi ke DPRD," pungkas Herlina. (Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive