• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Ratusan Bacaleg DPRD Jatim tidak memenuhi syarat sebagai caleg

August 2, 2018

 

Sby, MercuryFM - Ratusan bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD jatim, dari 1.670 bacaleg yang terdaftar di KPU Jatim, diperkirakan akan mundur secara teratur karena tak mampu memenuhi persyaratan calon.

 

"Di akhir perbaikan, mereka tidak mampu memenuhi persyaratan yang di perlukan. Soal jumlah patinya kota masih lalukan rekap. Yang pasti ratusan lah," ujar M Arbayanto Komisioner Devisi Yekhnis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Rabu (01/08/2018).

 

Menurut Arba sapaan akrab M Arbayanto, tidak hanya bacaleg-nya yang menyerah, parpol pengusungnya pun akhirnya menyerah dan tidak mengganti posisi bacaleg yang kosong.

 

"Kebanyakan parpol menengah ke bawah, ya. Termasuk partai baru. Ternyata mereka ini sebenarnya kesulitan merekrut caleg, termasuk caleg perempuan," katanya. 

 

Kata Arba, berbagai syarat calon seperti hasil tes kesehatan, surat keterangan pengadilan negeri, surat keterangan bebas narkoba, dan syarat lainnya, cukup menyita waktu dan menguras biaya yang tidak sedikit.

 

Belum lagi bila ada kesalahan atau ketidaksesuaian detail-detail dokumen, seperti perbedaan penulisan nama di KTP dan Ijazah yang seringkali mengganjal pemenuhan syarat.

 

"Contohnya, ada satu di antara parpol menengah yang tadinya mencalonkan 120 bacaleg, di masa-masa akhir perbaikan persyaratan harus berpuas dengan jumlah bacaleg yang tinggal 90 orang saja. Ini tidak hanya terjadi pada satu parpol saja," jelasnya.

 

Arba melanjutkan meski demikian, berkurangnya sejumlah bacaleg yang diperkirakan mencapai ratusan orang ini tidak berpengaruh pada proses pencalegan. Yang terpenting, semua bacaleg yang dicalonkan sudah dinyatakan memenuhi syarat. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags