• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Khofifah dorong penguatan pasar eksport produk UMKM

August 10, 2018

 

Sby, Mercury FM - Gubernur Jatim terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa menghadiri Pelantikan Perkumpulan Gerakan Wanita Sejahtera Jawa Timur dengan tema UKM Go Online, di Hotel Grand Surabaya, Kamis (9/8/2018).

 

Dalam kesempatan itu Khofifah mengatakan, pelaku UMKM harus mampu memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi berupa jaringan on line untuk memperkuat pasar terutama untuk konsumen luar. Kalau tidak bisa jadi Indonesia, atau Jawa Timur khususnya hanya menjadi pasar saja.

 

"Diera ekonomi digital pelaku umkm yang bisa pasarkan produknya diluar negeri. saya khawatir kita hanya menjadi pasar kalau tidak punya partner ship padahal kita punya potensi" ujarnya.

 

Khofifah juga mengingatkan pentingnya partner ship untuk menyasar pasar luar negeri, tidak hanya katalog kalau memanfaatkan on line.

 

"Partner ship dengan on line sangat penting tidak hanya katalog, karena membantu produk yang layak eksport supaya ketemu pasar yang tepat di luar negeri" lanjutnya.

 

Mantan Menteri sosial ini juga mendorong peran wanita khusnya wanita muda dalam bisnis UMKM. Menurutnya wanita muda sangat potensial dan perlu disiapkan agar menjadi satu kesatuan.

 

Khofifah menambahkan kalau UMKM memberikan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim yaitu sebesar Rp 900 triliun atau sebesar 54,98 persen ditahun 2016.

 

Sedangkan pada tahun 2012 populasi UMKM di Jawa Timur meningkat menjadi 6,8 Juta yang terdiri dari 4,1 juta UMKM sektor pertanian dan 2,7 Juta UMKM Non Pertanian. (mer)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload