• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Bantuan Pusat Dinilai Tak Maksimal, Dewan Tolak Trem Surabaya

August 18, 2018

 

 

Sby, MercuryFM - Keberadaan Trem di Surabaya semakin sulit terwujud menyusul enggannya DPRD untuk menyetujui pengajuan alokasi APBD Kota Surabaya untuk pengadaan alat transportasi massal itu.

 

Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji usai menghadiri teleconference pidato kenegaraan Presiden menyambut HUT RI ke 73 di ruang sidang Paripurna DPRD Kota Surabaya menegaskan, meskipun pemerintah kota Surabaya mengajukannya dalam buku Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2019, pengajuan itu akan dibahas dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD tahun 2019.

 

"Tidak mungkin akan disetujui dalam rapat PAK, karena mana Detail Engginering Design (DED) nya" tegas Armuji.

 

Armuji juga memastikan kalau dewan juga akan menolak jika diajukan dalam rapat APBD murni tahun 2020.

 

Armuji mempertanyakan, mengapa pemkot Surabaya tidak meminta bantuan kepada pemerintah pusat, seperti yang dilakukan daerah lain. Itulah alasan Dewan menolak pengunaan APBD Kota Surabaya untuk pengadaan trem.

 

"Kenapa kita tidak meniru Palembang misalnya yang tidak pakai APBD melainkan bantuan dari pemerintah, program bantuan itu ada jauh sebelum pelaksanaan Asian Games" ujar politisi PDIP itu.

 

"Jangan gengsi mendapatkan bantuan" tegas Armuji lagi.

 

Kementrian perhubungan sebenarnya pernah menawarkan bus sebagai alat transportasi massal di Surabaya, tapi ditolak. Sehingga bantuan itu diambil oleh Sidoarjo yang bertetangga dengan Surabaya.

 

"Alasannya karena tidak low dek, padahal pihak kementrian perhubungan sudah ketemu dengan saya dan sanggup membuat semacam tangga agar penumpang mudah naik bus itu" pungkas Armuji.

 

Sementara itu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya ditempat yang sama mengatakan, kalau segera mengajukan perencanaannya ke Dewan

 

"Insyaallah ini kita ajukan perencanaannya maupun pelaksanaannya di DPRD supaya kita bisa mulai poses lelang." kata Risma. walikota Surabaya dua periode itu berharap pembangunan trem seluruhnya dibiayai APBD Kota Surabaya.

 

Proyek pembangunan trem di Surabaya diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp 1 triliun untuk pembangunan selama 2 tahun. (mer)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive