Demokrasi Birokrasi Pemerintah Daerah Masih Buruk


Sby, MercuryFM - Badan Pusat Statistik Jawa Timur menilai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) di Jatim dari segi variable dalam kategori buruk, karena dibawah nilai 60 dari skala nilai 0 sampai 100.

Ketua BPS Jatim Teguh Pramono mengatakan, Variable itu antara lain kebebasan berkumpul dan berserikat, partisipasi politik dalam pengambilan keputusan, kemudian peranan birokrasi pemerintah daerah.

"Dari sisi variable memang indeksnya buruk dibawah 60. Variabel itu antara lain kebebasan berkumpul dan berserikat 53,91, partisipasi politik dalam pengambilan keputusan 43,71, kemudian peranan birokrasi pemerintahan daerah masih 54,3." ujar Teguh.

Teguh menambahkan dari angka indeks itu artinya variabel demokrasi di Jatim perlu ditingkatkan lagi.

Sementara itu kalau dilihat dri segi aspek, IDI di Jatim tidak terlalu masih menggembirakan karena berada ditataran sedang dengan nilai 70,92. Aspek itu antara lain kebebasan sipil, hak sipil dan lembaga demokrasi.

"Kebebasan sipil diangka 78,98, indeks lembaga demokrasi 76,57 dan hak-hak politik 60,98" kata Teguh

Teguh menambahkan kalau dilihat dari angka itu maka IDI di Jatim ditinjau dari segi aspek tidak ada yang buruk tapi ditataran sedang. Karena semuanya masih diatas nilai 60. (mer)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group