Sampai semester II pertumbuhan ritel Hypermarket tidak sesuai harapan

August 20, 2018

 

 

Sby, MercuryFM - Sampai dengan semester II, pertumbuhan ritel terutama kelas hypermarket di Jawa Timur dirasa kurang sesuai harapan. Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Jatim, April Wahyu Widarti mengatakan, pertumbuhan ritel kelas hypermarket hanya berada di kisaran 5-6 persen saja. Dimana angka ini dirasa masih jauh dari pencapaian yang dicanangkan hingga akhir tahun 2018 sebesar 10-11 persen.

 

"Faktornya, karena distributor ataupun supplayer masih menjaga barang yang diproduksi supaya tidak banyak yang retur atau dikembalikan," kata April Wahyu Widarti di Surabaya, Senin (20/8/2018).

April  mengakui, pertumbuhan ritel di Jawa Timur masih tergolong kurang optimal. Dia menyebut penyebabnya antara lain karena adanya perubahan pola belanja ritel modern.

"Sekarang lokal supermarket juga semakin tumbuh di daerah-daerah. Bisa jadi masyarakat sekarang beralih belanja di supermarket lokal terdekat. Seperti Sakinah minimarket," ungkapnya.

April menjelaskan hal tersebut bisa memangkas waktu dan tidak memerlukan biaya lebih banyak. Hal ini berbeda dengan kelas hypermarket yang saat ini tergabung dalam sebuah mall.

 

"Kalau ke mall kan pasti dandan dulu, biaya makan, hingga parkir. Nah, kecenderungan ini yang menjadi faktor masyarakat bergeser pola belanjanya ke supermarket lokal sekaligus menjadi tantangan kami bagi pelaku ritel kelas hypermarket," paparnya.

Untuk itu, April menambahkan sebagai upaya sekaligus strategi untuk menggaet animo masyaraka,  pihaknya meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan potongan harga yang jauh lebih murah.

"Dari situ setidaknya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, memberikan kemudahan dalam mencari produk di hyermarket hingga harga-harga promosi yang  ditawarkan," pungkas April.(Dani)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group