Sambut Lebaran Haji, siswa SD Muhammadiyah Limas gelar manasik Haji

Sby, MercuryFM - Menunaikan Ibadah haji termasuk kewajiban bagi umat muslim yang mampu. Mengajarkan amalan-amalan dalam ibadah haji sebaiknya dilakukan sejak dini. Seperti yang dilakukan oleh Siswa-siswi SD Muhammadiyah 15 Surabaya.

Kegiatan Manasik Haji SD Muhammadiyah 15 Surabaya berlangsung pada hari Senin (20/8/2018) di Kelas dan halaman sekolah mereka. Sebanyak 750 siswa dan siswi serta para guru pembimbing turut mengikuti kegiatan tersebut.

Guru Al Islam, Ke-Muhammadiyahan, dan Bahasa Arab SD Muhammadiyah 15 Surabaya Bagus Waskito Utomo mengatakan kegiatan manasik haji bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi peserta didik secara langsung tentang tata cara praktik ibadah haji.

"Bila selama ini anak hanya tahu secara visual saja di media, dengan praktik langsung diharapkan anak bisa lebih paham."ungkap Bagus.

Selama manasik haji, Anak-anak terlihat sangat antusias mengikuti rangkaian manasik haji yang meliputi ihram, thawaf, saí, wukuf dan melempar jumroh.

Tahapan pelaksaan Ibadah Haji, yaitu miqot di Sekolah anak-anak sudah siap mengenakan pakaian baji yaitu Ihlram, kemudian siswa –siswi yang terbagi dalam rombongan-rombongan kecil berjalan kaki dari lorong sekolah menuju ke lapangan.

“Tahapan-tahapan Haji atau Manasik Haji dilakukan sesuai ajaran Nabi atau Sunnah Rasul Muhamad SAW. Kita ibaratkan anak-anak melaksanakan Ibadah pada Tanggl 8 Dzulhijjah untuk berangkat ke Kota Mina, Kemudian Tanggal 9 Dzulhijjah berangkat ke Padang Arofah untuk Wukuf, Khutbah Wukuf di Arofah, solat dan dzikir," pungkasnya.(alam)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square