• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Presiden Jokowi Kirim Sapi di Masjid AlAkbar seberat 1,5 ton

August 22, 2018

 

 

Sby, MercuryFM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali kirim satu ekor sapi untuk qurban tahun ini di Masjid Al Akbar Surabaya (MAS).

Sapi kurban milik Presiden Jokowi ini Sapi berjenis peranakan ongole (PO) atau sapi Jawa hasil proses inseminasi buatan. Memiliki berat 1,5 ton.

 

Sapi yamg akan di potong bersama sapi milik Gubernur Jatim dan Wagib Jatim ini, dibeli dari peternak bernama Sawiyan peternak dari Desa Takeharjo, Kecamatan Solopuro, Lamongan.

 

Menurut Sawiyan pemilik sapi mengatakan, sapi ini umurnya 4,5 tahun. Dengan panjang 170 cm, dan tingginya 152 cm. Sapi tersebut ditebus dengan harga Rp 56 juta. 

 

“Sapi ini tiap tahun menang kontes di Jatim. Seneng sekali dibeli Presiden Jokowi Rp 56 juta. Kalau normalnya di Jakarta saya jual Rp 80-90 juta," ujar Sawiyan saat ditemui di Masjid Al-Akbar Surabaya, Rabu (21/8).

 

Kata Sawiyan, sapi dengan warna kulit putih itu perawatannya sama dengan yang lain. Tidak ada perlakuan istimewa. Makanan dan vitamin yang diberikan pun sama dengan sapi lainnya. 

 

Ditempat yang sama, Humas MAS, Helmi M Noor menambahkan, setiap tahun Presiden Joko Widodo selalau kurban di Masjid Al Akbar. Dijadwalkan sapi tersebut bakal disembelih satu hari setelah sholat ied, yakni pada Kamis (23/8). 

 

“Kalau dibandingkan sapi gubernur, besar dan kokoh milik Jokowi,” kata Helmi. 

 

Perlu diketahui, sapi kurban Gubernur Jatim juga dibeli dari peternak di Kabupaten Lamongan, tepatnya dari Kecamatan Tikung. Sapi milik Soekarwo berjenis Limosin dengan berat 900 kilogram. Seharga 45 juta.

 

Sementara itu Gubernur jatim Soekarwo usai penyerahan sapi qurban dari Presiden Joko Widodo dan dirinya ke dirut Masjid Al Akbar Surabaya, Hendro Siswantoro, mengatakan tahun ini data yang di peroleh ada peningkatan jumlah sapi yang di qurbankan di masjid Al Akbar tahun ini di bandingkan tahun lalu

 

"Tahun lalu  21 ekor, tahun ini menjadi 26 ekor. Daging ini nanti akan dibagikan ke masyarakat yang berhak menerima," ujarnya.

 

Dengan adanya perayaan Idul Adha ini Soekarwo meminta masyarakat agar meneladani Nabi Ibrahim yang iklas dan semangat berkurban.Nabi Ibrahim merupakan salah satu manusia yang imannya kuat dan takwa kepada Allah

 

"Konsepnya bagaimana umat, rakyat tingkatkan ketakwaan, disanalah arti kehidupan. Nabi Ibrahim rela berquban anak yang disayangi, kemudian Allah menggantinya domba, ukuramnya keiklasan," pungkasnya.(ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive