Jatim ditunjuk penyedia bahan material bangunan utuk bencana di Lombok

August 25, 2018

 

Sby,MercuryFM - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendapat bantuan APBN sebesar Rp 20 triliun. Dana bantuan tersebut di gunakan untuk penyediaan bahan material bangunan guna dikirim ke wilayah bencana Lombok.

 

Gubernur Jatim, Soekarwo mengaku hasil pertemuan dengan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, dan Gubernur NTB,  Pemprov Jatim diminta siapkan material untuk bencana gempa di Lombok. 

 

Dalam pertemuan itu Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo membawa perusahaan Semen Indonesia, distrubutor baja, besi, partisi, batu bata, dan tukang, 

 

"Dalam perbaikan rumah korban gempa nanti dibantu TNI dan polisi. Dimana untuk rumah rusak berat dialokasikan Rp 50 juta per unit, rusak sedang Rp 25 juta, rusak ringan Rp 10 juta," ungkap Soekarwo, Sabtu (25/08/2018).

 

Pakde menegaskan, bahwa bantuan dari APBN itu bukan untuk mengganti bangunan rusak, tetapi hanya untuk membantu perbaikan rumah masyarakat yang menjadi korban bencana, yang rumahnya alami kerusakan. Dan bukan Pemprov Jatim akan membeli material dalam harga grosir.

 

"Kita hanya belikan logistik yang dananya disediakan pemerintah Rp 20 triliun," tuturnya.

 

Kata Pakde, dipilihnya Jatim untuk mengirim material ke Lombok karena wilayah yang lebih dekat adalah Jatim. Dengan begitu, pemerintah pusat bisa menghemat biaya ongkos kirim karena tidak perlu mengirim dari Jakarta. Selain itu, semua material pabriknya ada di Jatim, seperti halnya Semen Indonesia di Gresik, dan Tuban.

 

"Bali tidak ada semen, semen di Gresik sama Tuban. Ongkos angkut lebih murah daripada mengirim dari Jakarta," terangnya.

 

Lebih lanjut mantan sekdaprov Jatim itu mengatakan pula, perbaikan diperkirakan mulai pada September 2018. Mengingat saat ini dilakukan pendataan detail oleh Fakultas Teknik Universitas Mataram dan bantuan fakultas teknik universitas lainnya.

 

"Nantinya bisa diketahui yang rusak sedang ini, rusak berat ini. Nanti diberikan uang, dibelanjakan material dan gotong royong," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive