SMP Swasta kekurangan murid, MKKS minta PPDB transparant

August 28, 2018

 

Sby,MercuryFM - Puluhan Kepala Sekolah Swasta yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Swasta di Surabaya hari ini, Selasa (28/08/2018) mengadu ke Komisi D DPRD Kota Surabaya, soal keluhan minimnya jumlah siswa yang mendaftar di sekolah swasta.

 

Keluhan dari MKKS adalah skema Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang tidak transparan, sehingga sekolah swasta kekurangan murid, dampaknya operasional sekolah swasta terancam mandeg.

 

Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Agustin Poliana mengatakan, dari hasil hearing dengan MKKS diinfokan bahwa ada 265-268 sekolah swasta di Surabaya, sementara ada 62 SMP negeri. MKKS berharap ada transparansi PPDB, sehingga sekolah swasta bisa mendapatkan siswa baru yang total jumlahnya 12 ribu didik baru.

 

“Tahun ini ada sekolah yang tidak menerima peserta didik baru yaitu 23 sekolah, belum lagi tahun depan ada penambahan sekolah swasta. Nah kekhawatiran dari MKKS ini saya kira wajar, agar ada pemerataan pembagian siswa ini harus diperhatikan oleh Kadispendik Surabaya.”Ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD Kota Surabaya, Senin (28/08/2018).

 

Ia menjelaskan, jumlah lulusan SMP tahun 2017 sebanyak 42 ribu, sementara tahun 2018 meningkat menjadi 44 ribu siswa. Dari jumlah kelulusan tersebut, sekolah swasta mendapatkan share hanya 12.618 siswa baru, sementara di tahun 2017 swasta mendapatkan 18.299 siswa.

 

“Berarti sejak PPDB tidak transparan, rekrutmen siswa baru di sekolah swasta menurun drastis.”Tegas politisi PDI Perjuangan Kota Surabaya tersebut.

 

Agustin kembali mengatakan, keruwetan sistem PPDB di Surabaya ini memang menjadi sorotan dewan agar Dinas Pendidikan Kota Surabaya membagi rata jumlah rekrutmen antara sekolah negeri dengan swasta. 

 

Dari hearing Komisi D dengan MMKS, kata Agustin, MMKS berharap dalam PPDB pihak sekolah bisa dilibatkan agar sekolah swasta tahu betul berapa pagu untuk penerimaan siswa baru di sekolah swasta.

 

“Hal ini harus menjadi perhatian bagi Dispendik Kota Surabaya, kami juga tidak bisa menolak adanya pendirian sekolah swasta baru, namun jika pihak swasta dilibatkan dalam PPDB tentunya krisis siswa di sekolah swasta tidak akan terjadi seperti sekarang ini.”Ungkapnya. (Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group