Pentingnya sport science untuk masa depan atlet

August 31, 2018

 

Sby, MercuryFM - Peranan Tim kesehatan untuk Atlet sangat penting, mereka bertugas untuk menjaga kesehatan atlet melakukan evaluasi sebelum sesi latihan sebelum pertandingan dan sesudahnya. Tidak hanya itu mereka juga bertanggung jawab untuk pencegahan cedera dan rehabilitasi medik dari seorang atlet dan juga asupan makanan bagi para atlet, karena atlet tidak bolah asal dalam mengkonsumsi makanan.


Bagaimana sih cara kerja dari Tim medis dan apa saja yang harus mereka lakukan supaya bisa mendukung atlet berprestasi, karena mereka juga berperan penting. Anggota Tim Kesehatan KONI Jatim, Dr Dyah Wijayanti mengatakan ada lima pilar yang bisa mendukung sport science dan kelimanya ini baru akan bisa membentuk seorang atlet.

 

"Adapun lima pilar yang tidak bisa dipisahkan untuk bisa membentuk atlet berprestasi adalah, fisik, kesehatan, gigi, psikologi dan biomekanik. Dan kelimanya ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain kalau ingin mendapatkan atlet prima top," jelas Dr Dyah, saat dikonfirmasi Mercury 96FM, Jumat (31/8/2018).

 

Dr Dyah memaparkan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan atlet untuk menghadapi PON 2020 di Papua Barat. Dan dengan adanya sport science yang memang sudah diterapkan ini sangat membantu tim kesehatan untuk lebih mempersiapkan atlet secara personal dan lebih profesional.

 

"Jadi sport science ini tidak bisa dipukul rata untuk bisa diterapkan untuk semua atlet. Tergantung kebutuhan pada masing-masing atlet," paparnya.

 

Dr Dyah menambahkan meskipun dalam penanganan atlet sudah menerapkan sport science, namun adanya kepercayaan diri dan kerjasama antara atlet, pelatih dan tim kesehatan juga sangat dibutuhkan dan pastinya akan tercapai hasil yang juga maksimal.(Dani)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive