• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

PDAM menyisir pelanggan yang tidak sesuai tarif

September 5, 2018

 

Sby,MercuryFM - PDAM Surya Sembada Kota Surabaya terus menyisir pelanggan yang membayar tagihan terlalu rendah, dengan melakukan penyesuaian klasifikasi pelanggan. Upaya itu dilakukan atas dasar keadilan. Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Mujiaman mengatakan bagi masyarakat yang merasa keberatan dengan penyesuaian tarif ini, bisa langsung melaporkan ke PDAM Kota Surabaya.

 

"Tapi dengan catatan jika terbukti klasifikasi dan tarif yang diberlakukan tidak sesuai. Pihak PDAM tidak keberatan menurunkan tarif kepada yang bersangkutan". lanjutnya.

 

Kepada pelanggan yang merasa keberatan terhadap penyesuaian tarif diharapkan menyertakan sejumlah bukti seperti surat luas tanah, luas bangunan, pajak dan rekening listrik. Jika terbukti sesuai akan penyesuaian tarif, maka pelanggan harus mengikuti aturan yang ada.

 

Mujiaman kembali mengatakan, tarif PDAM ditentukan berdasarkan perwali Nomer 5 tahun 2005 tentang tarif air minum dan struktur pemakaian air minum PDAM Surabaya. Dan perda air minum kota Surabaya nomer 4 tahun 2008 tentang klasifikasi kelompok pelanggan air minum. Sejak itu PDAM terus melakukan penyesuaian kondisi lapangan dengan ketentuan di perwali dan berlangsung sampai tahun ini, begitu juga tahun-tahun berikutnya.

 

Mujiaman menjabarkan yang menentukan klasifikasi pelanggan adalah Guna persil,  lebar jalan, luas bangunan dan NJOP. 

 

"Tapi khusus NJOP pihaknya tidak menjadikannya sebagai patokan, dikarenakan kondisi di lapangan. Tidak sedikit masyarakat yang NJOPnya tinggi namun kondisi ekonomi warganya mengalami penurunan" ujar Mujiaman.

 

Mujiaman kembali menggaris bawahi kalau penyesuaian klasifikasi tarif pelanggan ini dilakukan atas dasar untuk menerapkan keadilan. Jangan sampai masyarakat dengan kondisi ekonomi mampu lalu masuk kategori tarif termurah begitu juga sebaliknya. Selain itu juga untuk menjadikan masyarakat efisien pada pengunaan air.

 

Mujiaman menjelaskan, total pelanggan pdam surabaya sebanyak 600 ribu. Penyesuaian klasifikasi tarif ini per tahunnya tidak sampai 1 persen terhadap total jumlah pelanggan. Selain itu penyesuaian ini tidak berpengaruh besar pada pendapatan PDAM.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags