PLN Jatim kembangkan desa wisata budaya di Mojokerto

September 5, 2018

Sby, MercuryFM - PT PLN Distribusi Jawa Timur tengah mengembangkan potensi Wisata Budaya di Desa Sendi, Mojokerto. Ada tiga kampung di desa tersebut yang diyakini sebagai kampung peninggalan kebudayaan tertua di Jawa sebelum Islam.


Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo mengatakan bahwa masyarakat di kampung tersebut sangat kuat memegang adat istiadat Jawa kuno dan hingga sekarang masih dilestarikan. Sehingga harus ada usaha yang sangat kuat untuk mempertahankan

"Untuk itu makanya PLN datang kesana, memberikan support berupa pemberian bantuan untuk pembangunan sarana dan prasarana kampung wisata Sendi ini menjadi lebih baik lagi," kata Pinto Raharjo saat dikonfirmasi, Selasa (4/9/2018).

Sementara untuk tahap awal ini, PLN menggelontorkan dana sebesar Rp 150 juta. Dana tersebut untuk pembangunan tempat ibadah, gapura, jalan setapak, dan tempat ber swafoto berbentuk balon udara, dengan latar belakang pemandangan gunung.

"Ada branding kita disana (di balon udara tersebut, red)," tambahnya.

Dijelaskan Pinto, Desa Sendi menjual wisata pemandangan lereng pegunungan. Lokasi ini masih asri, karena belum banyak terjamah oleh kehidupan modern. Untuk itu, PLN berupaya membangun kampung ini untuk wisata Budaya. Ada 30 keluarga yang berdomisili di sana.

"Kalau itu sudah berhasil, dan tertata rapi, PLN nanti akan merencanakan ada beberapa petak tanah yang kita tanami dengan tanaman tanaman yang produktif, sehingga bisa untuk peningkatan pemberdayaan disana," katanya.

 

Desa Wisata Sendi, bukan Desa Wisata pertama yang mendapat suport dari PLN Distribusi Jatim, sebelumnya ada Pantai Cacalan, Banyuwangi. Pinto mengatakan, bentuk support tersebut, diharapkan dapat memberdayakan masyarakat setempat. "Pasti ujung ujungnya hidupnya supaya sejahtera," pungkasnya.(Dani)

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive