Rupiah melemah, mahasiswa Surabaya turun jalan

September 21, 2018

 

Sby,MercuryFM - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Surabaya lakukan aksi turun jalan menyikapi lemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Aksi itu dilakukan didepan kantor DPRD Kota Surabaya.

 

Mereka menuntut pemerintah supaya segera bertindak mengatasi situasi buruk ini. 

 

"Nilai tukar rupiah terhadap dolar terus mengalami keterpurukan. Bahkan di tahun 2018 hampir menyentuh angka 15 ribu rupiah." kata Andik Setiawan Ketua Umum HMI Surabaya. 

 

Mereka juga menyoroti nilai import yang terus meningkat. Nilai impor Indonesia pada Juli 2018 mencapai US$18,27 miliar, jika dibandingkan Juli 2017 meningkat 31,56 persen (BPS). Akibatnya neraca perdagangan terus mengalami defisit. Nilai tukar rupiah terhadap dolar terus mengalami keterpurukan. Bahkan di tahun 2018 hampir menyentuh angka 15 ribu rupiah.

 

Para mahasiswa ini juga mengkritisi pesatnya keberadaan tenaga kerja asing. Menurut laporan Kementerian Ketenagakerjaan, jumlah tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia mencapai 85.974 pekerja, 24 ribu pekerja di antaranya berasal dari Tiongkok. Padahal jumlah pengangguran di Indonesia masih tinggi, yakni 6,87 juta orang.

 

Para Mahasiswa menuntut kepada pemerintah agar segera mengambil tindakan untuk menjaga stabilitas rupiah dengan kebijakan strategis pemerintah. Antara lain stop impor bahan baku atau bahan pokok. Cabut peraturan presiden nomor 20 tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Segera tuntaskan kasus agraria di Indonesia. Terapkan pemerataan dan pembukaan kesempatan pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Tegakkan demokrasi deliberatif. Tindak tegas aparat negara yang represif terhadap aksi mahasiswa. 

 

Para demonstran akhirnya ditemui oleh M.Machmud anggota DPRD Kota Surabaya yang berjanji akan meneruskan tuntutan para mahasiswa ke legislatif pusat. Setelah itu merekapun bubar. Aksi ini mendapatkan penjagaan ketat dari aparat polisi. Mereka mengerahkan mobil rantis dan anjing K9.(Alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group