Program Bebas Pasung Jatim akan terus berjalan

September 27, 2018

 

Sby, MercuryFM - Gubernur Jatim Soekarwo tegaskan kembali, bahwa program bebas pasung jatim akan terus berjalan. Meski diakui jumlah penderita gangguan jiwa yang dipasung masih tinggi. 

 

"Masih tingginya angka pemasungan yang menghambat program bebas pasung, dikarenakan masih banyak masyarakat yg tertutup bila ada anggota keluarganya terkema gangguan jiwa dan dipasung," ujar Pakde Karwo sapaan Gubernur Soekarwo, Kamis (26/09/2018).

 

 

Kata Pakde datanya selalu berubah. Tadinya seribu pasung meledak jadi dua ribu dan tidak dilaporkan, karena itu masalah keluarga. Pelaporannya menjadi tertutup. Itu yang menyulitkan kita untuk berbuat.

 

Pakde menegaskan program bebas pasung yang dilakukan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Jatim masih berjalan, meski fakta di lapangan penderita gangguan jiwa yang dipasung tetap tinggi. 

 

"Terus program kita menangani pasung. Saya mengangkuti dari Ponorogo awalnya jumlahnya sekian ternyata dilapangan jumlahnya keluar dari data awal. Sama dengan KDRT ketemu sedikit tapi aslinya banyak," jelas Pakde.

 

Seperti diberitakan sebelumnya, temuan anggota DPRD Jatim dari Madura. Puluhan penderita gangguan jiwa di Kabupaten Bangkalan masih dipasung. Mereka tidak mendapatkan pengobatan yang baik dan ditelantarkan keluarganya.

 

Dan tidak menutup kemungkinan masih banyak di daerah kota kabupaten dijatim yang masih ada pemasungan karena tidak terdeteksi dan keluarga menutupi hal tersebut. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group