• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Jatim rawan gempa, Surabaya ada dua patahan potensi gempa

October 3, 2018

 

Sby, MercuryFM - Jatim rawan gempa. Ahli Teknik Geofisika dari Institut Tekhnologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Amin Widodo mengatakan terdapat lima buah patahan atau sesar aktif di Jawa Timur yang berpotensi menimbulkan gempa bumi. 

 

Lima patahan itu ada di Wongsorejo Banyuwangi, Probolinggo Pasuruan, dan dua patahan lainnya di Surabaya.

 

Untuk Surabaya sendiri kata Amin, ada dua patahan. Yakni terdapat di  jalan Mayjen Sungkono yang berada di daerah bukit hingga menuju Margomulyo, kebarat-baratan sampai Cerme Gresik. 

 

Untuk patahan kedua terjadi mulai Karang Pilang yang ada bukitnya melewati Mastrib, Sepanjang, Waru, Mojokerto Nganjuk, dan Jombang.

 

"Ini hasil penelitian Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) yang dirilis tahun 2010, dan menemukan ada 81 sesar aktif di Indonesia. Namun pada 2017 dirilis kembali menjadi 281 patahan termasuk Surabaya," kata Amin, di Surabaya, Rabu (03/10/2018).

Menurut Amin, dari data yamg ada di Jatim sudah ada sejarah gempa. Seperti di Banyuwangi, Probolinggo, dan Surabaya.

 

Pada 1867 Surabaya diguncang gempa hingga mengakibatkan Gereja Kepanjen Morokrembangan rusak parah.

 

"Tahun itu tidak ada Skala Richter. Kalau rusak total, ya direhab," ujar Amin.

 

Dijelaskan Amin, prediksi gempa yang akan terjadi di Surabaya menurut Kementerian PUPR lebih dari 6 SR. Pengaruh itu tidak hanya dirasakan yang dilewati patahan, tetapi akan terasa di seluruh bagian Surabaya

 

Sementara itu ketika disinggung terkait gempa di Sulawesi Tengah (Palu, Domggala dan sekitarnya), Amin menegaskan, prediksi terjadinya gempa di Sulawesi Tengah sudah masuk dalam hasil penelitian Kementerian PUPR pada 2017. Gempa terjadi karena ada pergeseran patahan.

 

"Sumber gempa ada karena patahan, dan sudah diteliti banyak peniliti. Palu juga karena patahan yang geser ke sana dan sudah dirilis 2017," kata Amin. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive