• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Bea Cukai Juanda amankan 5 kiriman narkoba dari luar negeri yang tidak bertuan

October 4, 2018

 

Sby,MercuryFM - Dalam rentang waktu Juni sampai September 2018, Bea Cukai Juanda mengamankan 5 kiriman narkoba berbagai jenis dari luar negeri yang sampai sekarang belum diketahui penerimanya. Kiriman narkoba itu antara lain dari Ethiopia berupa 4,5 kg Cathinone pada tanggal 9 juli. Penindakan ke dua dilakukan tanggal 20 Agustus, berupa paket kiriman narkoba jenis THC (ganja cair) yang digunakan bahan pengisi rokok elektrik sebanyak 7 botol. Sedangkan pada 29 agustus, BC Juanda mengamankan 67 butir ekstasi yang dikirim dengan surat tipis dari Belanda dan 10 gram MDMA yang juga dari Belanda. Ditambah 130 gram bubuk ganja dari Kanada. Pengiriman itu menggunakan jasa kurir dari luar negeri seperti melalui, PT Pos Indonesia, DHL, TNT dan lain sebagainya.

 

"Barang kiriman itu diantaranya sengaja dikirim dalam bentuk surat tipis untuk menghindari pemeriksaan petugas" ujar Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto.

 

Budi Harjanto menambahkan ada beberapa cara yang dilakukan aparat bea cukai untuk mendeteksi barang kiriman itu narkoba. 

 

"Pertama lakukan analisis dari negara asal. penerimanya siapa kemudian dilakukan skoring. Pemeriksaan juga menggunakan x ray. Lalu kita lihat cara pengemasan. kira kira barang itu mencurigakan maka akan kita buka" terang Budi Harjanto.

 

"Misalnya dari Afrika dibilang teh itu tidak wajar. baru kita lakukan pemeriksaan lebih detail" lanjutnya.

 

Menangani perkara penyelundupan narkoba lewat jasa pengiriman memang sedikit rumit. Karena pelaku pengiriman tidak turut serta.

 

Dalam kasus ini ada beberapa orang yang sempat diamankan karena dicurigai sebagai penerima barang. Yang dua diantaranya disebut-sebut sebagai pekerja media. Karena tidak terbukti terlibat mereka akhirnya dibebaskan. Tapi beberapa diantaranya harus menjalani rehabilitasi. karena test urine mereka positif mengandung aphetamine.

 

"Maka butuh ketelatenan. Dicari betul siapa penerima sesungguhnya, Dalam kasus ini pihak reskoba Polda Jatim sudah menetapkan DPO" pungkas Budi Harjanto. (Alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags