Lesbumi Surabaya gelar lomba menulis pegon untuk Jokowi

October 4, 2018

 

Sby, MercuryFM - Berbagai lomba menarik digelar Lembaga seni budaya muslimin indonesia (Lesbumi) PCNU Kota Surabaya, dalam menyambut peringatan hari santri 2018. Salah satunya lomba menulis Pegon untuk  Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

Ketua Lesbumi PCNU Kota Surabaya, Hasyim Asy'ari menuturkan, lomba menulis Pegon kepada Presiden Jokowi diperuntukan bagi siswa siswi SMA dan  sederajat maupun kalangan santri pondok pesantren. Rencananya lomba digelar pada tanggal 28 Oktober.

 

"Untuk temanya bebas. Kita tidak membatasi," ujar Hasyim Asy'ari, Kamis (4/10/2018).

 

Hasyim menambahkan lomba menulis Pegon panitia menargetkan 100 peserta. Melalui lomba tersebut, panitia ingin mengenalkan kembali tulisan Pegon kepada generasi sekarang. 

 

"Peserta bebas menuangkan apa yang menjadi isi hati untuk disampaikan pada presiden," jelasnya.

 

Hasyim menjelaskan, penulisan Pegon merupakan tradisi Islam yang sudah ada sejak dulu. Dimana tulisan Pegon merupakan alat transportasi bagi para ulama saat menyampaikan ilmu kepada para santri.

 

Tidak sampai di situ, penggunaan tulisan Pegon juga dipakai pada masa kerajaan Islam. Hal itu bisa dilihat pada manuskrip maupun naskah sejarah yang bisa dilihat hingga sekarang.

 

"Penggunaan huruf Pegon juga berperan penting saat zaman penjajahan," imbuh Hasyim.

 

Hasyim menceritakan, pada saat masa penjajahan penggunaan tulisan huruf Pegon merupakan bagian dari strategi. Dimana waktu itu, kaum penjajah tidak bisa memahami tulisan tersebut.

 

"Lewat lomba ini, Lesbumi berharap bisa menangkal berita hoax yang saat ini banyak beredar," tegasnya.

 

Ditanya bagaimana jika Presiden Jokowi tidak memahami tulisan Pegon yang ditulis para siswa, Hasyim mengaku tidak khawatir. Menurutnya, Presiden telah memiliki staf yang salah satunya berasal dari kalangan santri.

 

"Kalau presiden mau belajar menulis Pegon malah lebih baik," pungkas Hasyim.(alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive