3.073 PRAJURIT TNI-POLRI DAN MASYARAKAT PERINGATI HUT TNI KE-73


Sby, MercuryFM - Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman memimpin jalannya upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-73 yang diikuti 3.073 prajurit TNI-Polri dan elemen masyarakat, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Jum’at, (05/10/2018).

Turut hadir dalam upacara itu Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Lucky Hermawan, Danlanud Kolonel Pnb Budi Ramelan, , dan Perwira Tinggi TNI-Polri wilayah Jatim.

Sementara itu sebagai peserta upacara dan parade yaitu ribuan prajurit TNI wilayah Surabaya dari Gabungan Pamen dan Pama TNI, Kadet AAL, Pom TNI, Wan TNI, Divisi 2/Kostrad, Yonif 500/R, Yon Gabungan, Koarmada II, Pasmar 2, Kodiklatal, TNI AU, Polri, PNS TNI, Satpol PP SBY, Linmas SBY, Dishub SBY dan siswa Pramuka.

"Penyelenggaraan HUT TNI merupakan bentuk laporan pertanggung jawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya anggaran 2018. Oleh karena itu, tema HUT ke- 73 TNI ini adalah Profesionalisme TNI Untuk Rakyat”. Kata Pangkoarmada II Laksmana Muda TNI Didik Setiyono.

Didik menambahkan ditengah kondisi yang damai tugas profesional TNI yang dikedepankan adalah selain perang. Seperti penangananan bencana.

"Seluruh elemen TNI/ Polri membantu penanganan bencana seperti yang terjadi di Lombok. Dan sekarang terhadap bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi" lanjutnya.

Untuk mendukung operasi itu TNI AL mengerahkan KRI Layang-635, KRI Makassar-590, KRI Ahmad Yani-351 sebagai sarana transportasi memberangkatkan bantuan, relawan dan keluarga para korban gempa serta tsunami ke Palu, Sulawesi Tengah melalui Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar. TNI Angkatan Laut juga mengirimkan KRI Surabaya-591 yang berangkat dari Koarmada II.

Sementara itu dari jajaran Kodam V Brawijaya telah mengumpulkan bantuan mulai dari tingkat Korem sampai Kodim berupa logistik dan kurang lebih 1.500 pasukan untuk ke Palu.

Sedangkan Lanud Muljono Surabaya di tahun 2018 telah memberangkatkan sejumlah bantuan dari mulai sembako, pakaian, tenda, genset, terpal, selimut, makanan bayi dan lainnya untuk membantu meringankan beban korban bencana.

Gubernur Jatim Sukarwo menambahkan TNI lahir dan dibesarkan rakyat. Karenanya sudah menjadi keharusan kalau TNI mengutamaka kepentingan rakyat.

"Sekarang rakyat tengah kesulitan menghadapi bencana. Dan TNI full back up membantu penanganan bencana" tegasnya.

Rangkaian HUT TNI akan diwarnai dengan pameran alusita milik TNI di Dermaga Ujung Surabaya.

"Pameran alusista digelar mulai tanggal 6 sampai 7 Oktober 2018. Seluruh alusista milik 3 matra TNI laut, darat dan udara akan dipamerkan" pungkas Pangdam V Brawijaya Mayjend Arif Rahman.(Alam)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group