• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Kemarau panjang,199 Desa di Jatim alami kekeringan

October 17, 2018

 

 

Sby, MercuryFM - Kemarau panjang berdampak pada kekeringam di jatim saat ini. Data dari Pemprov Jatim menyebutkan ada 199 desa di Jawa Timur yang mengalami kekeringan parah dan kekurangan air.

 

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, pihaknya bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah melakukan droping air di 199 desa untuk mengatasi kekeringan tersebut.

 

“Kita setiap hari sudah melakukan droping air, bersama dengan Bakorwil dan Pemkab masing-masing. Jadi memang 199 desa ini tidak ada air sama sekali,” kata pakde sapaan akrab Gubernur Jatim Soekarwo, Rabu (17/10/2018).

 

Pakde juga menjelaskan, selain wilayah yang mengalami kekeringan parah, ada 223 wilayah di Jatim yang masuk dalam kategori rawan kekeringan. Pemprov Jatim saat ini sudah membuat sumur dalam dan mengebor di sejumlah titik.

 

“Untuk yang 223 itu memang tahun ini kita sudah melakukan pengeboran sumur dalam untuk keperluan air warga sekitar," tambahnya.

 

Pakde juga mengatakan pula selain melakukan droping air, dan pembuatan sumur bor dalam untuk pemenuhan air. Jangka panjamg Pemprov Jatim juga melakukan pemmbangunan embung untuk menampung air hujan.

 

Sementara itu Sekadar diketahui, data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim memebenarkan, ada ratusan desa di Jatim yang mengalami kekeringan. 

 

Dari data yang ada, beberapa wilayah bahkan tidak terdapat sumber air sama sekali karena musim kemarau yang panjang. (ari)

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags