• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Bersama NU dan Banser, Muspika Surabaya peringati Hari Santri Nasional

October 22, 2018

 

Sby,MercuryFM - PC NU Kota Surabaya bersama Banser dan Muspika Surabaya memperingati Hari Santri Nasional dengan upacara di Komplek Tugu Pahlawan. Upacara yang dipimpin oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini itu, dihadiri oleh Ketua PC NU Surabaya Dr.Muhibbin Zuhri, Ketua GP Ansor Surabaya Faridz Afif, Kapolresta Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan, Danrem Bhaskara Jaya 084 serta jajaran pemuka agama dan ribuan santri sebagai peserta upacara.

 

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan, kaum santri memiliki peran besar dalam proses berdiri tegaknya NKRI.

 

"Banyak yang lupa perjuangan santri diera kemerdekaan. Padahal ribuan santri di Surabaya dan sekitarnya turut berjuang melakukan perlawanan di pertempuran 10 November 1945" tegas Risma.

 

Risma kembali menegaskan bahwa kemerdekaan yang diraih sekarang bukan hanya perjuangan kelompok, melainkan perjuangan semua rakyat Indonesia termasuk santri.

 

Menurut Risma momentum Hari Santri perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis keagamaan. Pasalnya, Spirit “nasionalisme bagian dari iman” perlu terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan nasionalisme.

 

“Islam dan ajarannya tidak bisa dilaksanakan tanpa tanah air. Mencintai agama mustahil tanpa berpijak diatas tanah air, oleh karena itu Islam harus bersanding dengan paham kebangsaan,” ucapnya.

 

Risma menekankan kepada para santri bahwa mereka adalah bagian penting sejarah perubahan bangsa Indonesia melalui pribadi yang menegakan agama agar mampu mengelola bangsa dan negara.

 

"Tempaan selama di pesantren akan menjadi bagian penting sejarah kalian menjadi pribadi mandiri, berempati dan berkarakter,” pesannya.

 

Sehari sebelumnya Minggu 21/10/2018 Risma melakukan pawai Hari Santri di Masjid Muhajirin Surabaya serta membuka kegiatan jalan sehat bersama santri IPNU Surabaya di Kantor PCNU Jalan Bubutan.(Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags