• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Presiden Jokowi putuskan Jembatan Suramadu menjadi jembatan non tol

October 27, 2018

 

Sby,MercuryFM - Presiden Jokowi secara resmi menggratiskan Jembatan Suramadu untuk semua kendaraan yang melintas. Dan menjadikan Jembatan Suramadu jembatan non tol.

 

Langkah Presiden Jokowi menjadikan Jembatan Suramadu jembatan non tol, tampak dengan kehadiran Jokowi ke Jembatan Suramadu sisi Madura Bangkalan, yang diucapkan diatas panggung kecil dihadapan masyarakat Bangkalan Madura yang memenuhi pintu masuk Jembatan Suramadu sisi Bangkalan Madura.

 

"Bismillah mulai saat ini Jembatan Suramadu gratis untuk semua kendaraan yang melintas," ucap Jokowi yamg disambut gembira masyarakat Madura yang ingin menyaksikan peresmian pembebasan biaya tol di Jembatan Suramadu. Sabtu, (27/10/2018).

 

 

Presiden Jokowi memandang, bahwa selama ini keberadaan Jembatan Suramadu belum mampu mengurangi ketimpangan kemiskinan.

 

Berdasarkan angka yang ada, angka kemiskinan di Madura cukup tinggi mencapai 4-7 persen dibandingkan dengan masyarakat Surabaya,Gresik dan Sidoarjo. Sementara di Jatim angka kemiskinan di Madura mencapai 16-23 persen.

 

Kepala Negara berharap, dengan kebijakan bebas biaya tol di Jembatan Suramadu yang saat ini menjadi jembatan non tol, ekonomi Madura akan tumbuh baik dan maju. Khususnya, bagi investasi yang akan datang seperti properti, wisata hingga turis dari luar berkunjung ke Madura. 

 

"Ini adalah keputusan atau bentuk dari rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia utamanya masyarakat Madura," ucap Presiden.

 

Presiden Jokowi juga menjelaskan, pada tahun 2015 lalu berdasarkan masukan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama hingga Ikatan Keluarga Madura yang initinya agar tarif tol untuk kendaraan bermotor di gratiskan. 

 

"Masukan tersebut, oleh pemerintah kemudian dikaji dan diputuskan bahwa untuk tarif tol bagi pengguna kendaraan bermotor di gratiskan,"kata Presiden

 

Selanjutnya, pada tahun 2016, lanjut Presiden berdasarkan para kiai, ulama dan tokoh masyarakat Madura, kembali mengajukan usulan agar tarif tol bagi kendaraan roda empat diberi penurunan tarif agar ekonomi masyarakat Madura meningkat. 

 

"Kembali kita kaji usulan tersebut dan akhirnya diputuskan tarif kendraaan roda empat atau lebih diturunkan sebesar 50 persen," ucap Presiden

 

Namun kata Jokowi, melihat perkembangan yang ada, keberadaan tol di Suramadu belum memberikan hasil yang signifikan bagi perekonomian masyarakat Madura. Sehingga, pada tahun 2018 ini setelah melakukan pengkajian, diputuskan bahwa Jembatan Tol Suramadu gratis untuk semua kendaraan yang melintas dan berubah nama menjadi jembatan non tol.

 

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang ikut mendampingi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo dalam meresmikan Jembatan Suramadu menjadi jembatan non tol, mengatakan, pihaknya  mengucapkan rasa terima kasih kepada Presiden Jokowi yang secara resmi memberlakukan jembatan non tol Suramadu yang menghubungkan Surabaya - Madura daerah yang melintasi Selat Madura itu.

 

"Dengan keputusan ini, kita berharap akan ada perubahan ekonomi masyarakat Madura. Transportasi bahan kebutuhan dan jasa yang akan masuk dan keluar Madura akan berkurang beban transportasinya. Dan dengan keputusan ini banyak investasi masuk di Pulau Madura yang ini akan berdampak positif bagi masyarakat Madura," jelas Pakde Karwo

 

Berdasarkan data yang ada, panjang Jembatan Suramadu membentang sejauh 5.44 km yang dapat dilalui oleh dua ruas kendaraan baik motor, mobil dan bis hingga truk yang melintas. (ari)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive