• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Ubah Jl.Karet sebagai wisata kuliner, Pemkot minta anggaran Rp 10 M

November 22, 2018

 

Sby , MercuryFM - Pemerintah Kota Surabaya mengajukan anggaran Rp 10 milliar untuk pembangunan kawasan Sungai Kalimas dalam KUA PPAS. Dana tersebut nantinya untuk menyulap kawasan Jalan Karet menjadi wisata kuliner.

Kepala Badan Perencaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, sebagai kota metropolitan Surabaya tidak memungkinkan memiliki wisata alam. Namun, ada satu yang dapat dioptimalkan menjadi daya tarik wisata, yaitu kawasan sekitar Jembatan Merah. Ini yang sedang mulai dilakukan penataan oleh pemkot. 

 

"Kalau (Sungai) Kalimas itu penataannya dijadikan wisata kota lama, khususnya di Jalan Karet dan Jalan Panggung. Jadi dihidupkan kembali untuk pariwisata di Kota Surabaya, karena tidak mungkin wisata alam. Bisanya hanya wisata dalam kota, salah satunya haritage," ujar Eri saat dikonfirmasi di DPRD Surabaya, Rabu (21/11/2018). 

 

Penataan wilayah Surabaya Utara ini saat ini progres sudah mulai dikerjakan. Menggandeng sejumlah pabrik cat, pengecetan untuk mempercantik kawasan tersebut sedang dilakukan. 

Selanjutnya, pemkot berencana menata sepanjang aliran Sungai Kalimas mulai Siola sampai Jembatan Merah dengan memberikan beberapa titik dermaga dan perahu. Agar terlihat lebih menarik, bantaran sungai dibenahi. Batu granit dipasang memperindahnya. 

Bahkan menurut informasi yang diterima, Jalan Karet nantinya disulap menjadi wisata kuliner malam hari. Kanopi dipasang sebagai peneduh. Truck ekspedisi yang pada pagi hingga sore melakukan bongkar muat dirapikan. 

 

"Ada nanti bangunan yang diberi kayak payung (kanopi)," ungkapnya. 

 

Menurut Eri, pengembangan kawasan Surabaya Utara ini sebagai upaya meningkatkan perekonomian di sekitarnya. Penunjang wisata pun diakuinya juga bakal disiapkan. Seperti tempat pertunjukan kesenian. Tujuannya, para wisatawan ramai datang ke tempat tersebut. 

 

"Targetnya akhir 2019 harus jadi," tandasnya. ( Alam.K)

 

 

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload