Berkomitmen penuh tentang pelaksanaan K3, PT BSI terima penghargaan dari Pemprov Jatim

November 23, 2018

 

Sby, MercuryFM - Penggunaan alat berat dan bahan-bahan berbahaya, ditambah dengan lokasi kerja yang ekstrim, seperti halnya pertambangan, sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan hingga kehilangan jam kerja. Dan karena berkomitmen penuh dan sungguh-sungguh, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan kepada pengelolaan tambang di Banyuwangi yang dilakukan oleh PT Bumi Suksesindo (BSI), karena mencatatkan rekor di bidang penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

 

"Capaian ini, sesungguhnya merupakan prestasi semua orang yang terlibat di dalam Operasi Tujuh Bukit. Mereka tidak hanya bekerja keras, melainkan juga berkomitmen terhadap K3," kata Presiden Direktur PT BSI Adi Adriansyah Sjoekri di sela menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim yang langsung diberikan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (Kadis ESDM) Jatim, Setiajit di Surabaya, Kamis (22/11/2018).


Adi menjelaskan, bekerja tanpa cedera yang mengakibatkan kehilangan jam kerja hingga 10 juta jam kerja merupakan prestasi luar biasa dalam jenis pekerjaan di pertambangan yang memiliki risiko kecelakaan yang tinggi tersebut. Untuk memastikan setiap orang yang terlibat dalam Operasi Tujuh Bukit berkomitmen terhadap kesehatan, keselamatan, kerja (K3), BSI telah menerapkan berbagai perangkat kerja aman, seperti OK-KAN, Tahan, Takon 7, JSEA dan golden rules.

"Semua perangkat itu dibuat untuk memastikan setiap pekerja memahami jenis pekerjaannya, termasuk potensi bahayanya dan bagaimana cara mengantisipasi bahaya yang mungkin timbul,” jelasnya.

Dipaparkan Adi dalam penerapan K3 di kegiatan operasional BSI, menunjukkan perusahaan dengan penanaman modal dalam negeri (PMDN) tersebut tidak hanya berorientasi pada keuntungan saja. Perusahaan tambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini juga memperhatikan kesejahteraan para pekerjanya. 

 

Sementara itu Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jatim Setiajit, menambahkan  penghargaan ini diberikan karena BSI memang mengelola tambang dengan sangat baik, yakni 10 juta jam kerja tanpa cidera yang berakibat hilangnya jam kerja karyawan (non-lost time injury/LTI).

"Oleh karena itu kami mengapresiasi prestasi ini dengan memberikan penghargaan kepada PT BSI, sebab pengelolaan tambang emas termasuk berkategori tinggi dalam hal K3," kata Setiajit, usai seminar tentang industri dengan tema Potensi Perusahaan Tambang Emas dalam Peningkatan Ekonomi, Lingkungan dan Sosial Kemasyarakatan.

Ia mengatakan, prestasi ini BSI juga patut menjadi percontohan nasional, dan bukan hanya di tingkat Jawa Timur.

"Kami telah melihat berbagai lokasi tambang seperti di Freeport. Namun di Banyuwangi ini termasuk yang ramah lingkungan dan patut menjadi percontohan nasional bagaimana menerapkan pertambangan yang baik," pungkasnya.(Dani)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group