Masuki tahun politik, KPID Jatim pantau siaran Pemilu di Lembaga Penyiaran

November 27, 2018

 

Sby, MercuryFM - Memasuki tahun politik, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur akan lalukan pemantauan terhadap lembaga penyiaran di Jatim.

 

"Kita akan pantau siaran pemilu yang dilakukan oleh 399 lembaga siaran yang ada di Jatim. Baik lembaga siaran televisi sebanyak 85 media, serta 314 lembaga siaran radio," ujar ketua KPID Jawa Timur Afif Amrulah, usai acara kunjungan komisi I DPR RI ke kantor LPP RRI Surabaya, Selasa (27/11/2018).

 

 

Arif menyampaikan, meski saat ini memasuki masa kampanye, namun kampanye di media siaran akan berlangsung 24 Maret hingga 13 April. 

 

“Kalau sekarang sosialisasi dalam bentuk pemberitaan, talkshow dan sebagainya. Tapi kalau sudah iklan parpol maupun caleg dan capres, kita akan tindak," terangnya.

 

Dalam melaksanakan pengawasan siaran pemilu, KPID Jatim lanjutnya, akan berkoordinasi dengan KPI Pusat, jika berkaitan dengan media radio dan televisi berjaringan. 

 

“Kalau ada pelanggaran kami sampaikan ke KPI Pusat. Sedangkan lokal kewenangan kami,” ujarnya.

 

Afif menegaskan, bagi lembaga penyiaran publik, RRI dan TVRI menyukseskan pemilu 2019 merupakan kewajiban. Untuk itu, kepada dua lembaga penyiaran ini diharapkan ada program-program sosialisasi pemilu.

 

“Sosialisasi dan edukasi penyelenggaraan pemilu dan pilkada di lembaga ini wajib,” paparnya.

 

Untuk lembaga penyiaran publik diri nya mengharapkan lembaga penyiaran, memberikan ruang yang adil dan berimbang kepada peserta pemilu 2019, mulai dari program siar hingga durasi siarannya. 

 

“Yang dilarang adalah partisan, dengan memihak pihak tertentu. Dan kita meminta masyarakat untuk melaporkan ke KPID bila ada penyimpangan yang dilakukan lembaga penyiaran yang mementingkan salah satu kontestan pemilu," pungkasnya. (ari)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group