• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Ratusan mahasiswa Papua pro kemerdekaan di evakuasi paksa

December 3, 2018

 

Sby, MercuryFM - Aksi unjuk rasa memperingati deklarasi kemerdekaan Papua Barat oleh ratusan mahasiswa Papua di Surabaya, berbuntut dengan tindakan evakuasi paksa oleh aparat keamanan. 

 

Evakuasi paksa itu bermula dari aksi tandingan oleh kelompok pembela NKRI di Asrama Mahasiswa Papua di Jl.Kalasan sejak Minggu siang 02/12/2018/. Karena tidak ingin berakhir ricuh, aparat keamanan yang menjaga kemudian mengevakuasi ratusan mahasiswa itu. Dengan menggunakan bis mereka dipulangkan ke Malang asal mereka sebelum ke Surabaya.

 

Kapolrestabes Surbaya Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan kalau evakuasi berjalan dengan lancar.

 

Rudi menambahkan satu Bus berisi 50 mahasiswa asal malang telah diberangkatkan, sementara untuk 103 mahasiswa lainnya dikembalikan ke berbagai daerah melalui terminal Bungurasih.

 

“Yang 83 orang kembali dengan menggunakan sepeda motor karena berdomisili di Surabaya, dan sisanya yakni 13 orang adalah penghuni asrama Papua di jalan kalasan Surabaya,” lanjutnya saat didampingi Sekkota Surabaya, Hendro Gunawan.

 

Rudi mengimbau agar mahasiswa Papua asal luar daerah tidak lagi kembali, 

 

“Seharusnya mereka semua itu tidak kembali karena mereka tidak berdomisili disini,” tandasnya.

 

Di akhir penjelasanya, Kapolrestabes Surabaya mengatakan bahwa upaya evakuasi yang dilakukan saat ini adalah keberhasilan bersama semua pihak, baik Forpimda maupun kelompok-kelompok yang turut menjaga keutuhan NKRI di Surabaya.

 

Rudi Setiawan menegaskan bahwa pihaknya bersama jajaran Forpinda lainnya akan terus kompak melakukan penegakkan hukum di wilayah Kota Surabaya untuk menjaga ketertiban.(Alam)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags