Raperda Kawasan Tanpa Rokok kembali dibahas

December 6, 2018

 

Sby,MercuryFM - DPRD Kota Surabaya kembali membahas kawasan tanpa rokok agar diatur dalam peraturan daerah, setelah ditahun 2015 pembahasan tersebut gagal karena tidak ada kata sepakat.

 

Anggota pansus Raperda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Ibnu Shobir usai hearing terkait persoalan itu Selasa 05/12/2018  mengatakan, kalau perda ini nantinya menyempurnakan perda Kawasan terbatas merokok (KTM) yang sudah ada sebelumnya.

 

"Perda kawasan terbatas merokok tidak terimplementasai dengan baik di kawasan publik, misalnya sekolah, kantor, publik transportasi dan tempat ibadah. Yang seharusnya merupakan kawasan terbatas tanpa rokok tidak tersosialisasi dengan baik" kata Ibnu Shobir.

 

Anggota Komisi D ini menjelaskan kalau penyempurnaan Perda KTM ini akan menambah wilayah kawasan tanpa rokok nantinya, sekaligus mengatur sanksi yang akan diberikan kepada pelanggarnya. Tapi yang lebih penting lagi menurut Ibnu Shobir adalah sosialiasi kepada masyarakat agar mereka berhenti merokok.

 

"Misanya ada solusi kepada masyarakat yang ingin berhenti merokok, mereka harus berkunjung kemana, konsultasi kemana dan sebagainya. Itu yang kita dorong" ujarnya

 

Ibnu Shobir melanjutkan kalau perda KTR diupayakan untuk bisa disahkan tahun 2019 nanti.

 

"Karena perda ini keharusan berdasarkan PP 109 tahun 2012, tentang pengamanan bahan mengandung zat adiktif produk tembakau bagi kesehatan. Sehingga setiap  daerah kabupaten kota wajib untuk mengesahkannya perda KTR. Maka sewajarnya surabaya tahun ini diupayakan untuk sahkan perda KTR. bahkan didaerah lain sudah memiliki regulasi itu, seperti di Sragen sudah terimplementasi meski lahir sebelum PP" tegasnya.

 

Perda KTR juga sebagai upaya untuk memproteksi bertambahnya kelompok perokok baru. 

 

"Berdasarkan riset kesehatan dasar, angka pemula merokok dibawah 5 tahun. Diharapkan perda ini bisa memproteksi generasi muda dan masyarakat umumnya" pungkas politisi PKS ini. (Alam)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group