Sosialisasikan pemilu, KPU Jatim gelar Lomba Cerdas Cermat tingkat SMA

December 21, 2018

 

Sby,MercuryFM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur terus lakukan trobosan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu yang berlangsung 17 April 2019 mendatang. Salah satunya dengan mengadakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) bertemakan pemilu yang menyasar peserta untuk SMA se-derajat, Jumat (21/12/2018). 

 

Bertempat di Kantor KPU Jatim, sekitar 180 siswa dan beberapa guru pendamping ikut serta dalam acara yang berlangsung sejak pagi tersebut.

 

"Kita kerjasama dengan lembaga pendidikan Ma'arif Jatim untuk peserta yang mengikuti acara ini. Mereka berlomba terkait pengetahuan terhadap pemilu," ujar Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro.

 

Menurut pria yang membawahi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat ini,  acara LCC ini menjadi strategi pihaknya dalam sosialiasi dan pendidikan pemilih, khususnya bagi pemula dan sederajat. 

 

"Kami mencoba melakukan sosialisasi berbeda dengan sosialisasi-sosialisasi sebelumnya. Biasanya, kami cenderung tatap muka atau pertemuan tertutup," katanya

 

Dengan dilaksanakannya LCC tersebut, kata Gogot, pihaknya berharap para peserta dapat menjadi agen sosialisasi penyelenggaraan pemilu. 

 

"'Kami berharap mereka bukan hanya paham pemilu, namun juga dapat mengajak pemilih yang lain untuk terlibat aktif dalam menggunakan hak pilihnya," kata Gogot. 

 

Apalagi, pemilih pemula tercatat mencapai 30 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jatim yang total mencapai sekitar 30 juta pemilih. 

 

"Kami akui bahwa pemilih pemula juga menjadi prioritas kami dalam meningkatkan partisipasi masyarakat," ungkapnya. 

 

Dijelaskan Gogot, LCC menjadi satu di antara beberapa metode KPU Jatim dalam memaksimalkan pemilih pemula. Selain metode lain yamg sudah dilakukan yakni mengoptimalkan peran media sosial, Rumah Pintar Pemilu (RPP), hingga mendatangi sekolah. 

 

Apabila LCC kali ini mendapat antusias tinggi masyarakat, lanjut Gogot, bukan tak mungkin KPU Jatim akan memberikan instruksi kepada KPU tingkat Kabupaten/Kota menggelar lomba serupa. 

 

"Ini model pertama dalam bentuk LCC. Insya Allah, kalau hasilnya positif, kami breakdown untuk KPU kabupaten/kota," pungkasnya. 

 

LCC kali ini terdiri dari segmen penyisihan, kemudian final yang di tiap segmennya melombakan tiga sekolah. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive