DPR RI minta Kemenag desak Saudi Arabia penuhi alat biometrix di seluruh kantor imigrasi


Sby,MercuryFM - Kasus biometrix untuk jemaah haji dan umroh yang disyaratkan oleh kerajaan Arab Saudi masih menimbulkan persoalan pada para jamaah.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Hasan Aminuddin meminta kepada Kementerian Agama (Kemenag) supaya mendesak kepada Kedutaan Kerajaan Saudi Arabia agar memenuhi alat biometrix di seluruh kantor Imigrasi yang ada di Indonesia.

"Di Jawa Timur alat ini hanya ada di Surabaya dan Malang. Dubes Saudi Arabia harus peduli dengan Indonesia, sebab jamaah haji dan umroh terbesar di dunia itu Indonesia," tegasnya dalam keterangan, Jum'at,(03/01/19).

Selain itu kata Hasan, masyarakat yang hendak melakukan perekaman biometrix terkesan diperlakukan secara kurang manusiawi sebab tidak ada ruang tunggu khusus dan tempat duduk sehingga yang mengantri harus berdiri.

"Padahal dalam sehari bisa sebanyak 1500 orang. Dan mereka ada yang usianya sudah cukup tua serta datang jauh jauh dari luar kota Surabaya dan Malang. Ini jelas merugikan jamaah yang mau berangkat," jelasnya.

Mantan Bupati Probolinggo dua periode ini juga mengatakan, kalau hal ini tidak ada kaitan dengan ibadah, saya orang pertama yang usulkan lakukan boikot atas kebijakan pemerintah Kerajaan Saudi Arabia yang menyengsarakan umat muslim Indonesia yang hendak melaksanakan ibadah haji dan umroh.

"Kalau bukan urusan syariat, saya akan usulkan boikot jika alat biometrix tak ditetapkan di setiap kantor imigrasi di Indonesia," ujar Hasan Aminuddin saat dikonfirmasi usai melakukan perekaman biometrix di BG Junction Surabaya.

Hasan juga meyakini, jika kebijakan Kerajaan Saudi Arabia ini tidak segera diperbaiki, mereka justru akan merugi karena pendapatan devisa Saudi Arabia dari haji dan umroh akan turun drastis.

"Hotel bintang lima dan pertokoan di Makkah dan Madinah akan sepi jika orang Indonesia dipersulit ibadah haji dan umroh sebab pengunjungnya itu mayoritas orang Indonesia. Ada 1 juta pertahun jamaah umroh dan sekitar 250 ribu jamaah haji pertahun dari Indonesia," ungkap Ketua DPW Partai NasDem DKI Jakarta ini. (ari)


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group