• White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group

Tim pasangan capres cawapres abaikan masyarakat Jatim yang belum tentukan pilihan

January 9, 2019

 

 

Sby,MercuryFM - Tim pemenangan pasangan Pilpres di Jatim, baik Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi - KH Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Propinsi (BPP) Prabowo - Sandiaga Uno, abaikan suara masyarakat Jatim yang belum tentukan pilihan di pilpes mendatang. 

 

Hasil Survey Surabaya Survey Centre (SSC), menunjukkan angka dukungan masyarakat Jatim stagnan. Tidak ada pergerakan signifikan dalam perolehan prosentase dukungan. 

 

"Sejak bulan September 2018 hingga awal Januari 2019 elektabilitas kedua pasangan capres-cawapres cenderung stagnan. Ini lantaran pemilih liar yang belum tentukan pilihan, seolah dibiarkan dan tidak ada gerakan untuk mengajak mereka, baik itu kubu Jokowi maupun kubu Prabowo di Jatim," ujar Surokim Abdussalam  peneliti senior SSC setelah memaparkan hasil survey SSC, Rabu (09/01/19).

 

Menurut Surokim, ada kesalahan narasi yang dilakuksn ole kedua tim pemenangan pasangan yang ada. Terbukti mereka belum.menunjukkan gebrakan yang bisa membuat pemilih liar yang belum tentukan pilihan untuk tentukan pilihannya.

 

"Ingat dari elektabilitas yang diraih dua pasangan, ada 12 persen undecided voters. Untuk swing voters sebanyak 22,6 persen. Jadi kalau ditotal pemilih liar di Jatim mencapai 34.6 persen. Ini potensi suara baik kubu Jokowi maupun Prabowo," pungkasnya.

 

 

Sementara itu Direktur SSC Mochtar W Utomo mengatakan, Pilpres di Jatim belum selesai karena kedua pasangan calon masih berpeluang saling mengalahkan lantaran selisih suara elektabilitas kedua paslon masih tidak terlalu besar. 

 

“Memang dalam survey kita Jokowi berhasil kalahkan Prabowo. Tapi ingat masih ada suara liar yang  cukup signifikan yang belum tentukan pilihan. Jadi di sisa waktu sekitar 3 bulan ini sejatinya merupakan pertempuran memenangkan swing voter di Jatim," jelasnya.

 

Dalam survey yang dilakukan oleh SSC, Pasangan Jokowi - KH Ma'ruf Amin masih mengungguli pasangan Prabowo - Sandiaga Uno di Jatim. Ekeltabilitas pasangan no urut 01 mencapai 55,9%  Sedangkan pasangan no urut 02 mencapai 32,1%. Sebanyak 12 % undecided voters. Dan swing voters sebanyak 22,6 %.

 

Dari hasil survey tersebut pasangan no urut 01, Jokowi - KH Ma'ruf Amin unggul di beberapa wilayah di Jatim. Dikawasan Pantura Barat, Kawasan Arek, Mataraman dan Tapal Kuda. Pasangan Prabowo - Sandiaga Uno hanya menang di kawasan Madura yang mencapai 53,6 %. Sedangkan pasangan Jokowi - KH Ma'ruf Amin 39,1%. (ari)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive