Hasil survey SSC, warga Muhammadiyah condong pilih Prabowo, warga NU condong pilih Jokowi

January 10, 2019

 

Sby,MercuryFM - Warga NU dan Muhammadiyah di Jatim telah tentukan pilihan dalam pilpres nanti. Dari hasil survey yang dilakukan oleh SSC (Surabaya Surveu Centre), masyarakat Jatim yang berlatar belakang ormas Muhammadiyah lebih banyak memilih pasangan Prabowo - Sadiaga Uno. Sedangkan masyarakat Jatim berlatar belakang NU (Nahdlatul Ulama) banyak yang menjatuhkan pilihan ke pasangan Jokowi - KH. Ma'ruf Amin.

 

“Di kalangan NU, Jokowi-Ma’ruf Amin meraih 64.2 persen suara dan Prabowo-Sandiaga Uno mengantongi 26.2 persen dengan total undecided voters sebanyak 9.6 persen. Sementara, untuk Muhammadiyah, Prabowo-Sandiaga Uno sukses mendapatkan 50.7 persen dan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya meraih 38.9 persen dengan total undecided voters sebanyak 10.4 persen,” ujar Edy Marzuki direktur riset SSC.

 

Menurut Edy meski dalam realitanya secara institusi baik Muhammadiyah dan NU menyatakan tidak akan memihak dalam pilpres. Peran ketokohan yang ada baik dipasangan Prabowo - Sandi Uno dan pasangan Jokowi - KH Ma'ruf Amin membuat warga NU dan Muhammadiyah mengarahkan dukungannya ke pasangan yang ada.

 

"Adanya Amin Rais yang di reptesentasikan Muhammadiyah, membuat warga Muhammadiyah yang ada di Jatim menjatuhkan pilihan ke pasangan no urut 02. Sedangkan sosok KH Ma'ruf Amin yang mantan Rois Am PBNU membuat warga NU di Jatim bergerak untuk menjatuhkan pilihan ke pasangan no 01," jelasnya.

 

Sementara itu dari latar belakang suku yang ada di Jatim, kata Edy Marzuki, 70.6 persen responden berlatar belakang suku Tionghoa cenderung mengarahkan pilihan mereka kepada Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin. Sedangkan 20 persen lainnya lebih memilih Prabowo-Sandiaga Uno dan 9.4 persen merupakan undecided voters.

 

Sedangkan masyarakat berlatar belakang suku Madura Paslon dengan nomor urut 02 lah yang meraih posisi puncak.  Prabowo-Sandiaga Uno meraih 54.4 persen masyarakat Madura. Sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin mengantongi 38.6 persen dan 7 persen sisanya undecided voters.

 

“Pada responden dengan latar belakang suku Jawa, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan 56.5 persen dan diikuti Prabowo-Sandiaga Uno yang mengantongi 30 persen serta undecided voters sebanyak 13.5 persen. Lalu, untuk suku lainnya yang merupakan kombinasi dari suku-suku yang ada, Prabowo-Sandiaga Uno unggul dengan perolehan 55 persen dan diikuti Jokowi-Ma’ruf Amin yang mendapatkan 35 persen dengan total undecided voters sebanyak 10 persen,” pungkasnya.

 

Dalam survey yang dilakukan oleh SSC juga menunjukkan kalangan buruh banyak yang memilih pasangan Jokowi - KH Ma'ruf Amin

Sedangkan pengangguran banyak yang memilih pasangan Prabowo - Sandiaga Uno.

 

Dari data yang ada, untuk kalangan buruh, Jokowi-Ma’ruf Amin unggul dengan 60 persen sementara Prabowo-Sandiaga Uno mengantongi 28.5 persen dengan undecided voters sebesar 11.5 persen. 

 

Di kalangan pengangguran, Prabowo-Sandiaga Uno unggul dengan 55 persen dan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya mendapatkan 35.5 persen dengan 9.5 persen undecided voters.

 

Sementara itu data di kalangan petani dan peternak serta nelayan, Jokowi-Ma’ruf Amin mendapatkan 46.7 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40.9 persen dengan 12.4 persen undecided voters.

 

Sedangkan di kalangan ASN atau Pamong Desa, 52.5 persen mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin dan 37.5 persen memilih Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10 persen undecided voters. Dan di kalangan pensiunan, Paslon nomor 01 mendapatkan 55.5 persen dan nomor 02 meraih 35.5 persen dengan 9 persen undecided voters,

 

Untuk kalangan wirausaha kecil, mereka sebanyak 48.3 persen memilih Jokowi-Ma’ruf Amin dan 41.2 persen mendukung Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10.5 persen undecided voters

 

Sebagai informasi, hasil survey yang dirilis oleh SSC pada kesempatan ini berdasarkan pada survey yang dilaksanakan mulai 10-20 Desember 2018 di 38 Kab/Kota di Jawa Timur. Riset yang dilakukan menggunakan 1.070 responden dengan teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (ari)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group