Sidak PT Temprina, KPU pastikan proses percetakan kertas suara pemilu 2019

January 20, 2019

 

Sby,MercuryFM - Awali cetakan perdana surat suara untuk pemilu 2019 mendatang, Ketua KPU RI Arief Budiman bersama Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali lakukan sidak datangi salah satu perusahaan yang ditunjuk sebagai pencetak surat suara,  PT Temprina dikawasan Semengko Gresik.

 

"Saya dan Komisi II DPR RI datang kesini ingin memastikan proses cetak surat suara yang akan di gunakan untuk pemilu nanti sudah berjalan. Karena di sini sebanyak 939.979 juta kertas suara di cetak," ujar ketua KPU RI Arief Budiman dalam keterangan yang didampingi Ketua Komisi II DPR RI, Zainudin Amali, Ketua Bawaslu RI, Ketua DKPP dan Direktut PT Temprina Cristianto Indrawan, Minggu (30/01/19).

 

Menurut Arief, dirinya meminta agar semua proses percetakan kertas suara kepada perusahaan yang telah ditentukan KPU, termasuk PT Temprina agar melakukan peretakan sesuai dengan jadwal. Sehingga tidak ada keterlambatan dalam proses percetakan yang dilakukan.

 

"Saya meminta agar percetakan ini berjalan sesuai dengan jadwal yang ada. Sehingga proses pemilu 2019 yang akan berlangsung tidak ada kendala akibat cetakan surat suara," tegasnya.

 

Arif menambahkan target seluruh surat suara dan formulir KPU dipatok pada 11 Maret 2019 harus sudah selesai. Dan pada 15-16 Maret didistribusikan ke KPU kota dan kabupaten. Selanjutnya, dilakukan penyortiran sebelum dimasukkan ke kotak suara.

 

“Untuk percetakan surat suara maupun distribusi. Kami tetap memprioritaskan tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat distribusi," tuturnya.

 

"Dan jangan sampai saat distribusi surat suara tertukar dari Dapil yang ada nantinya. Dapil yang terdaftar ada 2.592 Dapil. Jadi tidak boleh salah sewaktu melakukan pendistribusian atau produksi,” lanjutnya.

 

 

Sementara, Ketua Komisi II DPR RI Zainudin Amali menyatakan kehadiran dirinya di Gresik bersama Ketua KPU ingin memastikan tahapan yang dilaksanakan apa berjalan sesuai dengan Undang-Undang PKPU RI.

 

“Tahun ini merupakan pengalaman pertama pemilu menjadi satu pilleg dan pilpres.Saya menilai KPU saat ini banyak penghematan dalam menyelenggarakan pemilu secara serentak,” ujarnya.

 

Sementara itu Cristianto Indrawan Direktur PT Temprina mengatakan, pihaknya mulai proses percetakan sejak tanggal 17 Januari kemarin. Dan Hari ini mulai dilakukan percetakan lertas suara tersebut.

 

Pihaknya lanjut Cristianto, mencetak surat suara caleg dan pilpres di  10 provinsi, diantaranya Jatim,  Bengkulu, Bali, DIY, Kaltim, Kalbar, Kalimantan Tengah, Kalsel.

 

"Total surat suara membutuhan kertas 7.300 ton yang dikerjakan PT Temprina. Kita akan menyelesaikan tanggal 11 Maret 2019. Hari ini kita cetak dari wilayah terjauh dulu. Dan kita siap untuk ikut mensukseskan pemilu 2019 mendatang," pungkasnya. (ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags

I'm busy working on my blog posts. Watch this space!

Please reload

Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
  • White Facebook Icon
  • White Instagram Icon
  • White Twitter Icon

© 2016 by Mercury Media Group