Kemendagri dukung langkah Pakde Karwo tegur keras Wabub Trenggalek

January 21, 2019

 

Sby,MercuryFM - Langkah Gubernur Jatim Soekarwo yang memberi teguran kepada Wakil Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin karena meninggaljan tugasnya sebagai Wakil Bupati selama 10 hari tanpa ijin, mendapat dukungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

 

"Kami dukung, karena teguran itu memang tugas Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat," ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendag, Bachtiar dalam release yang dikirim ke redaksi, Senin (21/01/19).

 

Menurut Bachtiar, berdasarkan Undang-undang no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, seorang Gubernur memang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pembinaan kepada kepala daerah atau wakil kepala daerah satu tingkat dibawahnya.

 

"Dalam undang-undang Pemda kan sudah diatur, Gubernur itu melakukan pembinaan kepada kepala daerah dibawahnya yakni Bupati, wakil Bupati dan Walikota, Wakil Walikota " jelasnya.

 

Dijelaskan Bachtiar apa yang dilakukan oleh wakil Bupati Trenggalek tersebut jelas pelanggaran yang harus diberi sangsi sesuai aturan yang ada.

 

Dimana Undang no no 23 tahun 2014,  Pasal 76 ayat 1 huruf j meninggalkan tugas dan wilayah kerja lebih dari 7 (tujuh) Hari berturut-turut atau tidak berturut-turut dalam waktu 1 (satu) bulan tanpa izin Menteri untuk Gubernur dan wakil gubernur serta tanpa izin Gubernur untuk Bupati dan wakil bupati atau wali kota dan wakil wali kota merupakan pelanggaran.

 

Akibat pelanggaran itu lanjut Bcahtiar, dalam ayat 4 jelas mereka yang melanggar akan di beri teguran pertama. Bila masih melanggar akan diberikan teguran kedua yang juga diiringi dengan diwajibkan mengikuti program pembinaan khusus pendalaman bidang pemerintahan yang dilaksanakan oleh Kementerian terkait.

 

“Prinsipnya Kemendagri mendukung apa yang sudah dan yang akan dilakukan Gubernur Jawa Timur. Sebagai wujud menegakkan hukum pemerintahan daerah, serta bentuk pembinaan dan pengawasan Gubernur kepada Wakil Bupati Trenggalek tersebut," pungkasnya.(Ari)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Anugerah Ariyadi De Facto Jabat Waketum Komisi B

January 16, 2018

1/1
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive